Sukses

Cek Fakta: Hoaks Shah Rukh Khan Baper Dengar Suara Lesti Kejora - Rizky Billar, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah video yang mengklaim bintang Bollywood, Shah Rukh Khan baper dengan suara pasangan duet Lesti Kejora dan Rizky Billar. Video itu bisa ditemukan di media sosial Facebook.

Adalah akun bernama Berland TV yang mengunggah video mengklaim Shah Rukh Khan baper dengan duet Lesti Kejora dan Rizky Billar. Video berdurasi 2 menit dan empat detik itu diunggah ke Facebook pada 13 September 2020.

Dalam video tersebut memperlihatkan Shah Rukh Khan seolah-olah kagum dengan suara Lesti Kejora dan Rizky Billar. Begini ucapan Shah Rukh Khan yang ada dalam video tersebut:

"Suara hati yang sedang jatuh cinta.

Saya jadi teringat saat pertama kali saya jatuh cinta. Dia adalah cinta pertama saya.. saya tidak bisa menyebutkan namanya di sini.

Tidak ada satupun yg tahu namanya... Cukup jadi wanita misterius saja. Lesti sangat terlihat cantik, wajahnya Indonesia banget. Lesti mempunyai karakter suara yg khas, unik dan langka.

Mereka benar saling melengkapi. Semoga mereka berjodoh."

Sejak video itu berada di Facebook, sebanyak 3,1 ribu warganet sudah menonton. Video tersebut juga sudah mendapat lebih dari 300 like.

Lalu, benarkah Shah Rukh Khan baper kepada Lesti Kejora dan Rizky Billar?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat dua tangkapan layar untuk mencari faktanya di pencarian gambar terbalik, Yandex dan Google Image.

Pertama, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar Shah Rukh Khan di detik ke-12 dan menelusurinya di Yandex. Hasil penelusuran mengarahkan ke channel YouTube radio di India, Filmy Mirchi, yang memiliki 5,6 juta subscribers.

Video itu diunggah oleh Filmy Mirchi di YouTube pada 17 Desember 2018. Video ini memperlihatkan Shah Rukh Khan menggunakan jaket hitam, sama seperti yang diunggah di akun Facebook Berland TV.

Dalam video aslinya (klik tautan ini), seperti dijelaskan oleh Filmy Mirchi, itu merupakan video promosi Shah Rukh Khan yang bakal menjadi penyiar radio selama 180 menit di tempat mereka. Aksi Shah Rukh Khan menjadi penyiar radio berlangsung pada 19 Desember 2018.

"Dari Badshah ke Bauua, apakah ada yang tidak bisa dilakukan Raja Khan? Dengan memakai headphone RJ untuk pertama kalinya, tonton 180 menit superstar hanya di Radio Mirchi!" begitu keterangan videonya.

Lihat gambar di bawah ini untuk membedakan video Shah Rukh Khan yang asli dan yang sudah dimanipulasi:

 

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar yang memperlihatkan Lesti Kejora dan Rizky Billar sedang berduet dalam video unggahan akun Facebook Berland TV. Selanjutnya, tangkapan layar itu dimasukan ke Google Image.

Hasil penelusuran mengarahkan ke channel vidio.com milik SCTV yang sudah mendapat verifikasi. Video itu berada di vidio.com pada 24 Agustus 2020 dengan judul: "Hari Baper Sedunia! Lesti dan Rizky Billar Duet Mesra 'Kulepas dengan Ikhlas dan Melepasmu Bahagia' | Malam Puncak SCTV 30". (Klik tautan ini untuk melihat video asli)

Lihat gambar di bawah ini yang memperlihatkan video asli dan dimanipulasi:

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan seolah-olah kagum dengan suara Lesti Kejora dan Rizky Billar adalah hoaks karena itu merupakan penggabungan dua video yang berbeda.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: