Sukses

Cek Fakta: Hoaks Shopee Bagikan Hadiah Ratusan Juta Via SMS

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui pesan singkat (SMS) kabar Shopee Indonesia membagikan hadiah ratusan juta rupiah. Pesan ini ramai lagi dibagikan belakangan ini.

Dalam pesan singkat tersebut disertakan tautan link untuk diisi oleh para pemenang. Berikut isi pesan singkat yang mencatut nama Shopee tersebut:

"PT SHOPEE INDONESIA bagi'' rejeki selamat no.anda resmi meraih hadiah 175jt dgn kode PIN: 25f4777 cek ID anda di bit.ly/infoshopeetbk959"

Lalu benarkah Shopee sedang mengadakan program bagi-bagi hadiah ratusan juta melalui SMS?

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan menghubungi Shopee Indonesia dan menyatakan informasi tersebut hoaks.

"Ya, informasi itu hoaks. Biasanya pesan seperti itu mengarahkan konsumen ke situs palsu dan meminta data pribadi rahasia seperti username& pasword, kode OTP atau PIN Shopeepay," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee dalam keterangan tertulis yang dikirim Jumat (25/9/2020).

"Jangan pernah memberikan data apapun termasuk pihak Shopee. Kami punya tim internal untuk memonitor kasus penipuan yang mengatasnamakan Shopee dan ShopeePay serta melakukan berbagai upaya agar pengguna terhindar dari kasus atau modus penipuan apapun," katanya menambahkan.

"Untuk lebih jelasnya pengguna bisa klik link berikut ini dan follow media sosial resmi kami di Facebook, Instagram, dan Twitter yang sudah bercentang biru atau terverifikasi."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

SMS dari Shopee yang sedang membagikan hadiah ratusan juta rupiah adalah hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.