Sukses

Fakta Kesehatan: Ini Jenis Teh yang Bisa Ringankan Gejala Asma

Liputan6.com, Jakarta - Teh masih dipercaya sebagai minuman yang mampu membantu manusia untuk menghilangkan stres, meningkatkan energi, hingga menghilangkan migrain. Namun, fakta lainnya menyebut teh mampu meredakan gejala asma.

Mengutip berita dari Antara, penelitian menyebut ada ribuan rempah-rempah yang bisa digunakan dalam bentuh teh ntuk mengatasi penyakit pernapasan, salah satunya asma. Rempah-rempah ini sudah dilakukan selama berabad-abad.

Jika Anda mengalami gejala asma ringan, beberapa jenis teh berikut ini dapat membantu untuk meredakannya, demikian dilansir Boldsky.

Teh Jahe

Jahe (Zingiber officinale) adalah bumbu terkenal yang dikemas dengan nutrisi dan senyawa bioaktif. Studi tabung reaksi menggunakan sel manusia telah menemukan bahwa gingerol dan shogaols, dua senyawa penting yang ada dalam jahe dapat membantu memerangi asma dengan menurunkan peradangan saluran udara.

Studi lain menunjukkan bahwa jahe secara efektif dapat mengurangi gejala asma pada pasien asma.

Teh hitam

Teh hitam adalah minuman populer yang dikonsumsi di seluruh dunia. Teh ini berasal dari tanaman Camellia sinensis. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam mengandung kafein, yang dapat membantu melemaskan saluran udara dan meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini juga dapat meredakan gejala asma untuk sementara.

 

2 dari 4 halaman

Teh hijau

Teh hijau, salah satu minuman yang banyak dikonsumsi juga berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Teh hijau penuh dengan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG), sejenis senyawa tanaman yang dapat membantu menurunkan peradangan saluran napas pada tikus dengan asma bronkial. Selain itu, teh hijau mengandung kafein, yang dapat meningkatkan fungsi saluran udara hingga empat jam pada pasien asma, sehingga memberikan kelegaan sementara.

 

Teh kayu putih

Pohon kayu putih banyak digunakan untuk obat. Daun pohon eukaliptus digunakan untuk membuat teh kayu putih dan minyak esensial kayu putih.

Teh kayu putih mengandung antioksidan dan senyawa tanaman seperti kayu putih, juga dikenal sebagai cineole, yang telah terbukti membantu meredakan gejala asma. Studi lain juga menunjukkan bahwa aktivitas anti-inflamasi kayu putih dapat membantu mengelola gejala asma.

Teh licorice

Teh licorice yang terbuat dari akar tanaman licorice (Glycyrrhiza glabra) digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk asma.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak glycyrrhizin dari akar licorice dapat membantu meringankan gejala asma, terutama bila dikombinasikan dengan pengobatan asma saat ini. Namun, studi penelitian manusia masih terbatas dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

 

3 dari 4 halaman

Teh Mullein

Teh mullein adalah minuman aromatik yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sejumlah kondisi termasuk asma. Teh mullein dibuat dari daun mullein (Verbascum thapsus), tumbuhan berbunga.

Studi penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa teh mullein dapat membantu mengobati gejala asma dengan mengurangi peradangan, yang membantu mengendurkan otot-otot di saluran pernapasan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan di bidang ini.3

Teh Rooibos

Teh rooibos adalah teh kaya rasa yang dikenal karena khasiat obatnya. Itu dibuat dengan menggunakan daun dari tanaman rooibos (Aspalathus linearis). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh rooibos dapat meredakan asma, alergi, dan masalah kesehatan lainnya. (Antara)

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.