Sukses

Cek Fakta: Hoaks Berita di Vatikan News Sebut Anies Baswedan Terlalu Bodoh

Adalah pengguna akun Facebook atas nama Edi Haryadi yang mengunggah tangkapan layar soal Anies Baswedan pada Senin, 7 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar tangkapan layar dari media luar negeri, Vatikan News, menggunakan judul yang mencatut nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Bahkan, di tangkapan layar itu ada foto orang berbaring di peti mati.

Adalah pengguna akun Facebook atas nama Edi Haryadi yang mengunggah tangkapan layar soal Anies Baswedan pada Senin, 7 September 2020. Tangkapan layar itu menggunakan judul dalam bahasa Italia:

"Gli Italiani Chiamano Anies Baswedan Troppo Stupido Come il Governatore di Jakarta"

Bila di artikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Orang Italia sebut Anies Baswedan terlalu bodoh sebagai Gubernur Jakarta."

Benarkah Vatikan News memberitakan orang italia menyebut Anies Baswedan terlalu bodoh?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran unggahan tersebut. Pertama, tim memasukkan foto orang yang berada di dalam peti mati ke mesin pencari, Google Image.

 

Hasilnya, tim mengetahui kalau foto itu milik Media Indonesia yang difoto oleh Andri Widiyanto. Foto tersebut berada di dalam artikel dengan judul: "Tuai Kritik, Sanksi Masuk Peti Jenazah Dihentikan".

Artikel tersebut membahas tentang Satpoll PP Jakarta Timur menghentikan sanksi memasukkan para pelanggar protokol kesehatan covid-19 ke peti jenazah setelah menuai kritik dari masyarakat.

 

Langkah kedua, Tim Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi situs Vatikan News. Tim pun mencarinya dengan kata kunci sesuai dengan judul tangkapan layar unggahan Edi Haryadi.

Hasilnya tidak ditemukan ada berita yang seperti itu dalam bahasa Italia. Kemudian, tim mencarinya dengan kata kunci Anies Baswedan di Vatikan News dalam bahasa Inggris.

Hasilnya, tim menemukan satu artikel dengan judul: "Jakarta Archdiocese assisting victims of Indonesia’s deadly floods". Artikel yang tayang pada 4 Januari 2020 itu berisi tentang kegiatan pengumpulan dana dan bantuan untuk korban banjir di Jakarta oleh Keuskupan Agung Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan penelusuran yang dilakukan dapat disimpulkan kalau tangkapan layar Vatikan News tentang Anies Baswedan yang diunggah Edi Haryadi adalah hoaks. Tangkapan layar itu merupakan hasil manipulasi. Faktanya, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan berita tersebut di Vatikan News.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.