Sukses

Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi iPhone di Facebook

Beredar kabar hoaks bagi-bagi iPhone di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang bagi-bagi iPhone gratis beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Fredy96_Raja pada 27 Agustus 2020.

Akun Facebook Fredy96_Raja mengunggah tata cara untuk mendapatkan iPhone gratis di Facebook, yakni dengan meninggalkan pesan di kolom komentar. Berikut narasinya:

"Selamat kepada pemenang ponsel IPHONE 11 kemarin dan kini IPHONE Hadir untuk mencari ribuan pemenang untuk menghadiri kelas online karena masa pandemi {COVID 19},2.500 orang pertama dalam grup ini yang menulis huruf demi huruf "I-P-H-O-N-E" tanpa diganggu oleh pesaing lain akan menerima IPHONE 11.DAPATKAN TELEPON SELULER UNTUK MAHASISWA DAN ANAK-ANAK ANDALihat contoh di bawah ini:

I

P

H

O

N

E

PERINGATAN: Penghargaan ini untuk orang-orang yang belum pernah memenangkan penghargaan kami sebelumnya, jika Anda pernah memenangkan IPHONE 11. sebelumnya, menjauhlah, beri orang lain kesempatan untuk menang," tulis akun Facebook Fredy96_Raja.

Konten yang disebarkan akun Facebook Fredy96_Raja telah 3.600 kali dibagikan dan mendapat 4 ribu komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang bagi-bagi Iphone gratis di Facebook. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "iphone giveaway fake 2020".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Facebook page giveaway of 5,000 iPhones is a scam" yang dimuat situs factcheck.afp.com pada 29 Juli 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kabar bagi-bagi iPhone gratis di Facebook ternyata tidak benar. Akun Facebook yang membagi-bagikan iPhone ternyata juga muncul di Afrika.

Pengguna Facebook diminta untuk mengikuti langkah-langkah yang tampaknya sederhana seperti meninggalkan komentar untuk mengklaim hadiah. Ini membantu halaman untuk mengumpulkan pengikut dalam prosesnya.

Sebelumnya akun palsu serupa juga pernah muncul, akun-akun tersebut mencatut nama perusahaan lain seperti Nokia, Vivo, atau Samsung. Tujuannya biasanya untuk menjual halaman setelah memiliki cukup pengikut.

Dalam kasus iPhone, pengguna diinstruksikan untuk "menyukai" halaman tersebut. Kemudian, mereka diminta untuk mengetik “WINNER” di kolom komentar dan membagikan postingan di lima grup Facebook. Terakhir, mereka harus mengirimkan pesan ke halaman tersebut untuk mengonfirmasi bahwa mereka telah mengikuti semua langkah.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang bagi-bagi iPhone gratis yang beredar di Facebook ternyata tidak benar. Bagi-bagi iPhone dengan tata cara meninggalkan komentar di Facebook diduga bagian dari penipuan. Akun Facebook yang membagikan iPhone gratis juga bukan akun resmi dari iPhone.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini