Sukses

Apple Pakai Komponen Baterai Murah untuk Kurangi Biaya Produksi iPhone 5G?

Apple dikabarkan akan memakai komponen berbiaya miring untuk mengurangi biaya produksi iPhone 12 5G.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan memakai komponen harga miring untuk mengurangi biaya produksi iPhone 12 5G. Pasalnya, jika memakai komponen yang mahal, biaya produksi yang dikeluarkan akan lebih tinggi.

Informasi ini berdasarkan penuturan dari analis Ming-chi Kuo, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Sabtu (22/8/2020).

Salah satu penghematan terbesar dari biaya produksi dipercaya berasal dari teknologi baterai yang bakal dipakai.

Menurut Kuo, Apple mengurangi jumlah lapisan pada papan baterai dan menempatkan komponen sel di sebuah area yang lebih kecil.

Perubahan ini akan menghasilkan papan baterai yang lebih murah sekitar 40-50 persen ketimbang baterai iPhone 11.

Kuo menyebut, penggunaan baterai ini juga diperkirakan akan membuat baterai iPhone tahun depan lebih murah 30-40 persen karena adanya perubahan desain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal yang Sama untuk Kurangi Biaya AirPods

Menurut Kuo, Apple juga memangkas biaya baterai untuk AirPods generasi ketiga tahun depan, dengan beralih ke sistem in package yang mirip dengan AirPods Pro.

Perubahan in tak hanya akan berlaku untuk hardware milik 5G saja. Kuo percaya, memasukkan teknologi milimeter wave pada iPhone akan menelan biaya antara USD 125 hingga USD 135 per unit.

Ditambah dengan USD 75 hingga USD 85 untuk teknologi sub-6GHz, juga untuk teknologi 5G.

3 dari 3 halaman

Tak ada Earphone pada Kotak Penjualan iPhone

Apple juga tengah melakukan berbagai hal untuk mengurangi biaya produksi keseluruhan, salah satunya dengan tidak memasukkan earphone ke dalam kotak penjualan.

Menurut Kuo, kemungkinan iPhone tahun 2020 akan dijual pada Oktober mendatang, beberapa minggu lebih lambat ketimbang biasanya. Meski belum jelas apakah Apple akan memperkenalkan iPhone pada September semperti biasanya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.