Sukses

Cek Fakta: Hoaks Jokowi Pingsan Kena Bogem Mentah Mukidi

Foto Jokowi pingsan kena bogem mentah dari Mukidi diunggah akun atas nama Al Istigol. Foto itu diunggahnya pada 20 Agustus lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan di Facebook yang menyebut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pingsan setelah kena bogem mentah dari Mukidi.

Foto Jokowi pingsan kena bogem mentah dari Mukidi diunggah akun atas nama Al Istigol. Foto itu diunggahnya pada 20 Agustus lalu.

Begini narasinya:

"Mohon Bantuan Nafas Buatan untuk Teman seperjuangan kita "Lim Hasibuan"

Dia Pingsan,Setelah kena Bogem mentah dari MUKIDI CS...

GAMBAR HANYA PEMANIS BUATAN"

Postingan tersebut mendapat banyak atensi dari warga Facebook. Tercatat, ada 592 yang memberikan like dan 396 komentar.

Lalu, benarkah Jokowi pingsan setelah kena bogem mentah dari Mukidi? Simak penjelasannya di halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim menggunakan mesin pencari, Google Image untuk mengetahui fakta sesungguhnya.

Hasilnya, foto tersebut memang terjadi, tapi Jokowi bukanlah pingsan seperti yang disebutkan Al Istighol. Faktanya, foto tersebut sudah ada di internet sejak 2014.

 

Foto itu milik situs berita, merdeka.com dalam artikel berjudul: 'Jokowi kelelahan usai main bola di Waduk Pluit'. Dalam keterangan foto yang diambil oleh Fikri Faqih, Jokowi yang kelelahan tampak berbaring di sebuah tempat duduk usai bermain bola melawan artis Ibu Kota di Waduk Pluit, Minggu (17/8/2014).

Waktu itu, Jokowi bermain sepak bola dengan para aris, di antaranya Ibnu Jamil, Darius, Firman, hingga Gusti Randa. Presiden RI itu berada dalam tim yang sama dengan Darius dan Firman.

 

Setelah merasa puas beristirahat, Jokowi mengelilingi lapangan sambil menyalami warga yang berkerumum memenuhi lokasi turnamen. Setelah itu, ia pun pulang ke kediamannya di Jalan Sawo, Menteng.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menggambarkan Jokowi pingsan setelah kena bogem mentah dari Mukidi adalah salah. Faktanya, Jokowi kelelahan usai bermain sepak bola di Waduk Pluit pada 17 Agustus 2014.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.