Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Sepucuk Senjata Mengarah ke Perut Jokowi Dalam Foto Ini

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke perut Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto sepucuk senjata mengarah ke perut Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Tokoh Nasional Indonesia, pada 21 Agustus 2020.

Unggahan berupa foto Jokowi dengan sudut pandang dari sisi samping, dalam foto tersebut mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengenakan baju adat Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sedang berdiri di depan mikrofon yang di bawahnya terlihat benda panjang mengarah pada perutnya. Benda tersebut diberi lingkaran warna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"NYAWA PRESIDEN JOKOWI TERANCAMSaat menjadi komandan upacara 17 Agustus 2020 kemarin, sepucuk moncong senjata mengarah ke perut beliau. Untung senjata tersebut tidak sempat menyalak atau mendadak macet, akibat kesaktian Jokowi. Begitu kata sumber yang tidak mau disebut jatidirinya.Masih diusut siapa yang memasang benda tersebut!

🤭

#Jokowi"

Benarkah foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020, dengan menjadikan foto tersebut sebagai penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Berbaju Adat NTT, Presiden Pimpin Upacara di Istana Merdeka" yang dimuat situs resmi presidenri.go.id, pada 17 Agustus 2020.

Artikel tersebut memuat rangkain foto prosesi upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020.

Rangkaian foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Presiden Joko Widodo mengenakan busana adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan kain tenun Berantai Kaif Nunkolo pada saat memimpin upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin, 17 Agustus 2020. Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak mengenakan busana nasional dan sejumlah pejabat yang hadir dan bertugas dalam rangkaian upacara juga mengenakan busana adat yang berbeda-beda. Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang mengenakan busana adat Teluk Belangga dari Kepulauan Riau."

 Salah satu foto yang dimuat identik dengan foto pada klaim sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi

Di artikel tersebut juga memuat foto dengan angel pengambilan gambar berbeda, dari foto tersebut terlihat benda benda panjang mengarah pada perutnya merupakan meja kecil di bawah mikrofon.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke JokowiCek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto sepucuk senjata mengarah ke Jokowi saat memimpin upacara 17 Agustus 2020 tidak benar.

Benda yang dianggap senjata tersebut merupakan meja kecil di bawah mikrofon, meja tersebut nampak seperti pucuk senjata karena dilihat dari sisi samping.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.