Sukses

Pantau Kondisi COVID-19 Aceh, Jokowi: Kendalikan Kasus, Jangan Sampai Melebar

Jangan sampai kasus COVID-19 Aceh bertambah banyak sampai sulit dikendalikan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar pemerintah serta masyarakat Aceh mampu mengendalikan kasus COVID-19. Angka kasus COVID-19 yang saat ini tidak terlalu besar harus segera ditekan dan diselesaikan jangan sampai jumlahnya meningkat.

"Kasus di Aceh masih relatif sedikit. Tadi misalnya di Aceh Timur disampaikan 36 orang, di RSUD Zainoel Abidin 49. Mumpung masih posisi ini betul-betul kendalikan," pesan Jokowi.

"Jangan sampai melebar ke angka-angka yang sulit dikendalikan," pesannya dalam Peninjauan Posko Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh dipantau dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Jokowi juga meminta kepada pemerintah dan instansi terkait untuk segera menangani pasien yang terinfeksi COVID-19. Jika ditemukan kasus, segera lakukan tes masif, pelacakan secara agresif, dan isolasi ketat.

"Saya rasa kuncinya di situ," kata Jokowi lagi.

 

Sebelumnya,  masih dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Zainoel Abidin, Azharuddin, dari jarak jauh menyampaikan ke Jokowi bahwa saat ini rumah sakit yang dipimpinnya tengah merawat 49 pasien positif COVID-19. Mereka dalam kondisi sedang hingga kritis.

RS rujukan nasional COVID-19 itu memiliki enam ruang respiratory intesive care dan saat ini terisi penuh. Beberapa tenaga kesehatan di rumah sakit ini juga ada yang terinfeksi COVID-19.

"Salah satunya ahli anestesi kami. Namun, hal ini tidak menyurutkan semangat kami melayani pasien," kata Azharuddin.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19, tercatat bahwa hingga 24 Agustus 2020 secara akumulatif ada 1.240 kasus di Aceh dengan akumulasi sembuh 191 orang.

Simak juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Covid-19 Aceh