Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Foto Ini Jokowi Berbicara dengan Orang-Orangan Sawah

Beredar klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah, simak faktanya.

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto yang diklaim Presiden Joko Widodo atau Jokowi sedang berbicara dengan orang-orangan sawah.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Vian Riadi, pada 10 Agustus 2020. Foto yang diunggah memperlihatkan Jokowi sedang berada di sawah dan berdiri menghadap orang-orangan sawah yang biasanya berfungsi untuk menakut-nakuti burung yang mengambil biji padi.

Pada unggahan foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Lagi Curhat Sihh.. 🤔🤔

Tapi Gak Kedengaran Ngmong Apa

Cuma Cebong Yg Tau Dia Ngmong Apa,, Makanya Wktu Pemilu Jokowi Prbolehkan Orang Gila Nyoblos.. 🤭"

Benarkah klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "农业科技界的“滴滴打车”" yang dimuat situs jtlw.com, pada 10 Januari 2018.

Dalam artikel tersebut terdapat foto orang-orangan sawah yangn dijadikan ilustrasi untuk mendukung tulisan yang membahas industri pertanian dalam artikel tersebut.

Foto tersebut identik dengan klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah.

kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah

 

 Penelusuran dilanjutkan dengan menggunakan Yandex.

kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah

 Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Blusukan ke Sawah, Jokowi Temui Petani Sumedang" yang dimuat situs beritasatu.com, pada 17 Maret 2016. Komposisi foto tersebut identik dengan klaim foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah.

kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Presiden Joko Widodo (kiri) menemui sejumlah petani dan berbincang-bincang tentang hasil panen saat dalam perjalanan dari Bendungan Jatigede menuju Kota Sumedang, Jawa Barat, 17 Maret 2016. Seakan tak percaya, tapi nyata, para petani lebih banyak terdiam dan takjub ketika disapa Presiden. Baik Presiden maupun petani pun larut dalam kegembiraan.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kliam foto Jokowi berbicara dengan orang-orangan sawah tidak benar, foto tersebut mengalami editan  dari dua foto yang berbeda.

Foto yang sebenarnya adalah Presiden Jokowi menemui sejumlah petani dan berbincang-bincang tentang hasil panen saat dalam perjalanan dari Bendungan Jatigede menuju Kota Sumedang, Jawa Barat

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini