Sukses

Jokowi Tinjau Fasilitas Produksi dan Uji Klinis Vaksin Covid-19 di Bandung

Setibanya di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Kota Bandung, Jokowi langsung menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di markas Kodam III/Siliwangi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara Kota Bandung, Jokowi dan rombongan langsung menuju Posko Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di markas Kodam III/Siliwangi. Dia memberikan sejumlah arahan melalui konferensi video untuk penanganan Covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan pers Sekretariat Presiden, Jokowi juga diagendakan untuk menuju PT Bio Farma Kota Bandung untuk meninjau fasilitas produksi vaksin Covid-19 dari Sinovac China.

Selain itu, dia akan meninjau pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 di Gedung Eyckman yang dipandu oleh Tim Peneliti Uji Klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Siang harinya, Presiden direncanakan untuk langsung kembali ke Jakarta.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari pertama proses uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan Presiden Jokowi direncanakan meninjau langsung hari pertama proses uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac di Kota Bandung pada Selasa (11/8/2020).

Uji klinis vaksin Covid-19 itu akan dilakukan di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat.

Terawan mengatakan penyuntikan vaksin kepada relawan harus sesuai dengan protokol kesehatan. Untuk itu, dia meninjau secara langsung persiapan uji klinis vaksin itu sebelum kedatangan Presiden Jokowi.

"Harus sesuai protokol kesehatan, mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Terawan di RSP Unpad Jalan Eyckman Kota Bandung, Senin.

Sejauh ini 21 orang relawan sudah dilakukan tes usap sebagai syarat sebelum dilakukan penyuntikan vaksin asal Tiongkok itu. Apabila semuanya dinyatakan negatif Covid-19 dan sudah sesuai dengan syarat, maka Selasa, 11 Agustus 2020, mereka akan dilakukan penyuntikan.

Sebelum penyuntikan, ruang uji vaksin yang berada di lantai dua RSP Unpad itu sudah dilakukan sterilisasi sesuai dengan prosedur.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Dr Setiawan memastikan telah mengecek kondisi kesehatan para tenaga kesehatan yang akan membantu proses uji vaksin tersebut.

"Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” kata Setiawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi