Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video tentang Presiden Jokowi Serahkan Roda Kepemerintahan ke Prabowo

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan video di YouTube dengan judul yang bombastis. Video itu menyorot Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Menhan Prabowo Subianto.

Video yang menyorot soal Jokowi dan Prabowo ini diunggah oleh pemilik channel YouTube atas nama Rahasia Politik. Video tersebut dimuat pada 21 Juli 2020.

Rahasia Politik memberi judul videonya dengan narasi sebagai berikut:

"JOKOWI AKUI SUDAH GAGAL SEBAGAI PRESIDEN & AKAN SERAHKAN SEMUA JABATAN PRESIDEN ke PRABOWO ?"

Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 10.582 kali oleh pengungjung YouTube. Benarkan Jokowi menyerahkan semua jabatannya kepada Prabowo?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menonton video berdurasi 10 menit 17 detik itu hingga selesai untuk mengetahui kebenarannya. Video tersebut membahas beberapa artikel yang sudah dimuat oleh media mainstream di Indonesia.

Rahasia Politik pun memberikan sisipan di dalam videonya seperti di bawah ini:

"BREAKING NEWS

JOKOWI AKUI SUDAH GAGAL SEBAGAI PRESIDEN, PENGAMAT: Sudah saatnya Jokowi Mundur!"

Kalimat itu mendominasi di video tersebut.

Video itu menampilkan berita dari tirto.id dengan judul: 'Jokowi Akui Kerja Pemerintah Terjebak Banyaknya Aturan'. Artikel itu sudah dimuat pada 28 Juli 2020.

Di artikel tersebut, Tim Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan kalimat yang menyatakan Jokowi telah gagal dan menyerahkan jabatannya kepada Mentan Prabowo.

Selanjutnya, Tim Cek Fakta Liputan6.com juga mencari kebenaran lain dalam artikel yang muncul di video tersebut. Tim menemukan artikel dari laman law-justice.co dengan judul: 'Dolar Bakal Tembus 20.000 & Ekonomi Kacau, Jokowi Harus Mundur'. Artikel itu dipublikasikan pada 29 Juli 2020.

Dalam artikel tersebut, tim kembali tidak menemukan pernyataan yang menyebut Jokowi gagal dan menyerahkan jabatan Presiden Republik Indonesia ke Prabowo.

Terakhir, tim juga mengutip berita dari law-justice.co dengan judul: 'Ngeri! Sri Mulyani Ungkap Ketidakpastian Ekonomi di 2021'. Artikel yang tayang pada 28 Juli 2020 itu juga ada di video Rahasia Politik.

Sayangnya, tidak ada juga pernyataan Jokowi gagal dan menyerahkan kursi Presiden Republik Indonesia ke Prabowo.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video di YouTube yang menyebut Jokowi gagal dan menyerahkan jabatannya ke Prabowo unggahan Rahasia Politik adalah fakta yang salah. Video itu bisa dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan karena memberi judul video secara bombastis tapi isinya tidak menyebutkan keseluruhan dari judul.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.