Sukses

Cek Fakta: Foto Jokowi Undang Pelawak Jadi Tim Covid-19 Sudah Direkayasa

Salah satu pengguna Twitter menyebut Jokowi membentuk tim covid-19 dengan anggota para pelawak yang ada di foto tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang duduk di meja makan bersama para pelawak. Dalam caption foto tersebut, ada pelawak beken tanah air seperti Sule, Parto, Aziz Gaga, hingga Mpok Atie.

Akun yang mengunggah foto tersebut yakni @Ghea_Jhana. Dia menyebut Jokowi membentuk tim covid-19 dengan anggota para pelawak yang ada di foto tersebut.

Begini narasi yang dia buat di foto unggahannya:

"Team COVID-19 .!!

Jagan lupa jaga jarak.

Makai masker.Face with medical mask

Nyuci tangan...Face with tears of joy

Awas COVID-19 di udara..bisa OTG.PDP.ODP..Face with tears of joyFace with tears of joy"

Benarkah para pelawak dijadikan tim covid-19 oleh Presiden Jokowi?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri foto tersebut. Tim memasukan foto Jokowi tengah duduk bersama para pelawak ke situs pencari, Google Image. Di sana ditemukan ada banyak foto yang sama.

Didapat kalau foto tersebut sudah beredar di internet jauh sebelum adanya pandemi virus corona, yakni pada 16 Desember 2015. Foto tersebut merupakan milik dari Biro Pers Istana.

Namun faktanya, foto tersebut tidak mengatakan kalau Presiden Jokowi membentuk tim covid-19 yang beranggotakan para pelawak. Foto itu menggambarkan kalau Jokowi mengundang para pelawak ke Istana untuk bersenda gurau.

Tim Cek Fakta Liputan6.com pun menemukan artikel dengan judul: 'Lawakan Ini Sukses Bikin Jokowi Terpingkal'. Artikel itu dimuat oleh Liputan6.com pada 17 Desember 2015.

Dalam artikel tersebut menceritakan kalau para pelawak memberikan guyonan yang membuat Presiden Jokowi terpingkal.

Komedian ternama yang diundang Jokowi pada saat itu, yakni Entis Sutisna alias Sule, Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Slamet Rahardjo, Eddy Soepono (Parto Patrio), Andre Taulany, Tri Retno Prayudati (Nunung), Lies Hartono (Cak Lontong), Rico Ceper, Azis Gagap, Dorce Gamalama, Indra Bekti, Cici Panda, Akbar, Tarzan dan Mpok Atik mulai berdatangan ke Istana.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut Jokowi membentuk tim covid-19 dengan anggota para pelawak sudah dimanipulasi. Foto tersebut memang benar, tapi Jokowi mengundang para pelawak ke Istana untuk bersenda gurau.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini