Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Urus Solo dan Jakarta Daripada Diri Saya

Liputan6.com, Jakarta- Beredar klaim pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin Gibran lebih pintar mengurus Solo dan Jakarta dari pada dirinya.

Klami tersebut merupakan foto hasil tangkapan layar judul artikel "Jokowi Yakin Gibran Lebih Pintar Urus Solo Dan Jakarta Dari Pada Diri Saya" yang dimuat situs geloranews, pada 3 Juni 2020.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Abdurachman Rockmansrikity kemudian membagikannya ke grup Sahabat Oposisi dan ANIES BASWEDAN UBTUK 2024, pada 9 Juni 2020.

Pada unggahan foto hasil tangkapan layar diberikan keterangan sebagai berikut:

"OMG helloww ūüėāūüėā"

Benarkah Jokowi yakin Gibran lebih pintar urus Solo dan Jakarta dari pada dirinya?

Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Jokowi yakin Gibran lebih pintar urus Solo dan Jakarta daripada dirinya menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Jokowi Yakin Gibran Lebih Pintar Urus Solo Dan Jakarta Dari Pada Diri Saya geloranews'.

Hasil penelusuran tidak ditemukan artikel yang identik dengan foto tersebut. Namun, justru mengarah pada artikel berjudul "[Cek Fakta] Foto Jokowi Sebut Gibran Lebih Pintar Mengurus Solo dan Jakarta Hoaks, Ini Cek Faktanya" yang dimuat situs medcom.id, pada 15 Juni 2020.

Situs tersebut menyatakan, foto screenshot bahwa Jokowi menyebutkan anaknya Gibran lebih pintar mengurus Solo dan Jakarta, adalah salah. Faktanya, foto yeng beredar tersebut adalah hasil suntingan.

Penelusuran dilanjutakan dengan penelusuran foto judul artikel "Jokowi Yakin Gibran Lebih Pintar Urus Solo dan Jakarta Dari Pada Saya" menggunakan Google Image.

Penelusuran foto  judul artikel

 

Penelusuran mengarah pada situs mediaindonesia.com, foto identik dengan klaim disertakan dalam artikel berjudul "Tanpa Arak-arakan, Jokowi: Sekarang yang Penting Kerja Bersama" yang dimuat, pada 20 Oktober 2019.

Foto tersebut bersumber dari kantor berita Antara, hasil bidikan Rachman. Pada foto diberikan keterangan sebagai berikut:

"Presiden Joko Widodo (kiri) menyalami warga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Jokowi yakin Gibran lebih pintar urus Solo dan Jakarta dari pada dirinya tidak benar, foto hasil tangkapan layar artikel tersebut merupakan hasil olah digital.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.