Sukses

Cek Fakta: Hoaks Klaim Foto Presiden Jokowi Gunakan Sepatu di Dalam Masjid

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto yang diklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan sepatu saat berada di dalam masjid.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Om Jay kemudian dibagikan ke grup MEDIA POLITIK INDONESIA, 5 Juni 2020.

Foto yang diunggah pada klaim tersebut memperlihatkan dua orang berada di dalam masjid, satu orang mengenakan baju putih celana hitam dan pada bagian alas kakinya berwarna putih dan satu orang lagi mengenakan baju batik celana hitam serta alas kaki hitam. Keduanya mengenakan masker.

Pada unggahan foto, akun Facebook Om Jay memberikan keterangan sebagai berikut:

"PRESIDEN menggunakan SEPATU didalam MESJID, #TerlaknaklahEngkau"

Benarkah kliam foto Presiden Jokowi menggunakan sepatu saat di dalam masjid? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi menggunakan sepatu saat di dalam masjid, dengan menjadikan foto sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

Penelusuran  Klaim Foto Presiden Jokowi Gunakan Sepatu di Dalam Masjid

Penelusuran mengarah pada berita foto berjudul "Presiden Tinjau Kesiapan Prosedur Kenormalan Baru di Masjid Baiturrahim" yang dimuat situs  resmi Kepresidenan Republik Indonesia presidenri.go.id, pada 4 Mei 2020.

Situs tersebut menampilkan 27 foto Presiden Jokowi saat mengunjungi Masjid Baiturrahim, salah satu foto yang dimuat dalam situs tersebut identik dengan foto yang ada pada klaim.

Jika diperhatikan dengan seksama 27 rangkaian foto tersebut, alas kaki berwarna putih yang dikenakan Presiden Jokowi merupakan kaus kaki.

Pada rangkaian foto berita tersebut, diberikan keterangan sebagai berikut:

Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dalam menerapkan prosedur kenormalan baru di sarana ibadah pada Kamis, 4 Juni 2020.

Masjid yang memiliki kapasitas sebanyak 750 jemaah, untuk sementara waktu akan dibatasi menjadi kurang lebih 150 jemaah. Pada saat peninjauan, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi menggunakan sepatu saat di dalam masjid tidak benar, dalam foto sesungguhnya Jokowi mengenakan kaus kaki berwarna putih.

Dalam foto tersebut Jokowi meninjau kesiapan Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dalam menerapkan prosedur kenormalan baru atau new normal.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.