Sukses

Cek Fakta: Video Viral Penjemputan Keluarga Terduga Covid-19 karena Salat Idul Fitri di Masjid, Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video yang diklaim satu keluarga dijemput petugas karena diduga terkena Covid-19 setelah salat Idul Fitri di Masjid Al Muhajirin Perumnas 1 Bekasi Barat.

Video tersebut diunggah akun instagram @bekasi.terkini, pada 26 Mei 2020. Video yang diunggah memperlihatkan ambulans di kawasan pemukiman, dalam video terdapat narasi "penjemputan keluarga yang terkena covid".

Video tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"1 Keluarga di jemput oleh petugas diduga terkena Covid 19 (belum tau atas laporan atau permintaan)Sehari sebelumnya (pada saat idul fitri), 1 keluarga tersebut mengikuti Sholat Ied di Masjid Al Muhajirin. Perumnas 1 Bekasi Barat, Senin, 25 /5/20"

Benarkah klaim video penjemputan keluarga yang terduga Covid-19 setelah salat Idul Fitri di Masjid Al Muhajirin Perumnas 1 Bekasi Barat? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video penjemputan keluarga terduga Covid-19 setelah salat Idul Fitri di Masjid Al Muhajirin, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Sekeluarga Terduga Covid-19 di Bekasi'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Viral Video Sekeluarga Terduga Covid-19 di Bekasi Dijemput Ambulans, Ini Fakta Sebenarnya" yang dimuat situs liputan6.com, pada 26 Mei 2020.

Dalam situs tersebut Ketua Harian Gugus Tugas Satgas Penanggulangan Percepatan Covid-19 Kota Bekasi, Tri Adhiyanto, membenarkan adanya penjemputan satu keluarga terduga Covid-19 seperti dalam tayangan tersebut.

Namun Tri berdalih satu keluarga tersebut diduga tertular Covid-19 akibat hal lain, dan bukan karena menjalankan salat Id sebagaimana tertulis dalam keterangan video.

"Benar sudah diluruskan beritanya, bukan karena salat maka tersebar Covid-19," singkat mantan kepala Dinas PUPR Pemkot Bekasi itu dikonfrimasi Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video penjemputan satu keluarga terduga Covid-19 tersebut benar, namun bukan karena setelah sholat idul fitri di Masjid Al Muhajirin Perumnas 1 Bekasi Barat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.