Sukses

Viral Video Sekeluarga Terduga Covid-19 di Bekasi Dijemput Ambulans, Ini Fakta Sebenarnya

Liputan6.com, Jakarta Video yang menggambarkan adanya ambulans menjemput satu keluarga di Bekasi, Jawa Barat, yang diduga terpapar Covid-19 viral di media sosial.

Dalam tayangan nampak mobil ambulans masuk di sebuah gang untuk menjemput pasien Covid-19. Nampak sejumlah warga turut menyaksikan penjemputan tersebut.

"Penjemputan keluarga yang kena Covid," kata pria yang merekam kejadian tersebut.

Dalam postingan tersebut, tertulis keterangan 1 keluarga dijemput oleh petugas diduga terkena Covid-19. Disebut, sehari sebelumnya (pada saat Idul Fitri), 1 keluarga tersebut mengikuti sholat Ied di Masjid Al Muhajirin, Perumnas 1 Bekasi Barat, Senin, 25/5/2020.

Video tersebut viral dan sudah ditonton lebih dari 63.000 kali, dan mendapat lebih dari 600 komentar warganet. "Baru diduga kan. Semoga hasil swabnya negatif," tulis akun indahabe.

"Nah loh di Perum 1. Baru aja jadi zona hijau, udah ada lagi yang positif," ujar akun ryan_alhasy.

Saat dikonfirmasi, Ketua Harian Gugus Tugas Satgas Penanggulangan Percepatan Covid-19 Kota Bekasi, Tri Adhiyanto, membenarkan adanya penjemputan satu keluarga terduga Covid-19 seperti dalam tayangan tersebut.

Namun Tri berdalih satu keluarga tersebut diduga tertular Covid-19 akibat hal lain, dan bukan karena menjalankan salat Id sebagaimana tertulis dalam keterangan video.

"Benar sudah diluruskan beritanya, bukan karena salat maka tersebar Covid-19," singkat mantan kepala Dinas PUPR Pemkot Bekasi itu dikonfrimasi Liputan6.com.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: