Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

[Cek Fakta] Hoaks Ellen DeGeneres Bagi-Bagi Hadiah Valentine Lewat Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Beragam kabar menyebar di sosial media. Salah satunya soal presenter populer asal Amerika Serikat, Ellen DeGeneres yang dikabarkan membagi-bagikan hadiah, uang tunai, mobil, bahkan rumah.

Hal itu seperti diunggah akun Facebook bernama Ellen pada 5 Februari 2019 lalu. Padahal sebelumnya, Ellen juga dikabarkan akan memberikan hadiah kepada siapapun yang membagikan unggahannya.

Melalui foto yang diunggah akun Ellen, kali ini dituliskan jika dirinya akan membagi-bagikan hadiah kepada siapapun yang membagikan kembali unggahannya tersebut dalam rangka menyambut Hari Valentine.

Di dalam foto juga terlihat Ellen sedang berdiri tersenyum. Ia menuliskan akan memilih secara acak siapapun pengguna Facebook yang kembali membagikan unggahan foto tersebut dan memberikannya hadiah.

Foto tersebut sudah dibagikan sebanyak 266 kali dan mendapat tanda suka 119. Ada 127 komentar memenuhi unggahan foto tersebut.

Salah satunya adalah Maranda Choates.

"Pick me! Your such an inspiration. (Pilih saya! Kamu adalah inspirasi)," tulis Maranda.

Selain akun Facebook Ellen, ada pula yang akun bernama senada, Ellen mengunggah foto serupa pada 3 Februari 2019. Foto tersebut bahkan sudah dibagikan sebanyak 3.458 kali dan mendapat tanda suka 587.

Kolom komentar ada sebanyak 612. Salah satunya adalah Sarah Kellogg.

"Pick me! (pilih saya!)," tulis Sarah Kellogg.

Kemudian akun lain bernama sama, Ellen mengunggah video seperti orang sedang mendapatkan hadiah pada 3 Februari 2019.

Dalam video itu terlihat seperti tim dari acara Ellen mendatangi rumah pemenang dan ia mendapatkan hadiah uang tunai.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari tahu kebenaran dari foto dan video tersebut. Namun rupanya, foto tersebut merupakan foto lama yang kembali diubah dengan menuliskan dalam rangka memperingati Hari Valentine atau hari kasih sayang.

Dan itu bukan kali pertamanya. Kabar bagi-bagi hadiah semacam itu juga pernah dipatahkan dalam artikel yang pernah ditulis Liputan6.com pada 8 November 2018 dengan judul [Cek Fakta] Ellen DeGeneres Bagi-Bagi Uang USD 10 Miliar di Facebook?.

[Cek Fakta] Ellen DeGeneres Kembali Bagi-Bagi Hadiah?

"Akhir-akhir ini, muncul beberapa unggahan di Facebook yang menjanjikan akan memberikan hadiah kepada warganet yang memberikan like serta membagikan atau share unggahan tersebut. Tak main-main, hadiah yang diberikan cukup besar seperti uang, mobil, bahkan rumah.

Hadiah-hadiah itu disebut-sebut konon disponsori oleh komedian dan host ternama, Ellen DeGeneres. Akun-akun yang membagikan hadiah itu memang terlihat menggunakan identitas dan gambar-gambar Ellen.

Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook bernama Elle'ns. Akun ini mengunggah gambar Ellen DeGeneres yang sedang memegang kertas berisi petunjuk untuk memperoleh hadiah darinya. Hadiah yang dijanjikan adalah sebesar 10 miliar dolar AS.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah. Peserta hanya perlu menyukai gambar tersebut, membagikannya, dan berkomentar "WIN". Peserta juga diwajibkan untuk melakukan registrasi di sebuah situs yang ditautkan.

Tak hanya akun Elle'ns, banyak akun-akun serupa lainnya yang menjanjikan akan memberikan hadiah bagi mereka yang memberi like, share dan komentar.

Sama seperti Elle'ns, akun-akun itu pun menggunakan nama Ellen DeGeneres yang sudah diplesetkan, seperti Ellenez DEgenerezz dan Ellenn DeGenrees.

Akun Resmi Bercentang Biru

Acara TV The Ellen DeGeneres Show memang memiliki segmen yang membagikan hadiah yang juga melihat komponen online sebagai kriteria. Seperti menilai keaktifan peserta dalam mengikuti laman media sosial resminya.

Namun, Ellen tidak pernah memilih pemenang dari mereka yang melakukan like dan share unggahan-unggahan di akun yang tidak resmi seperti disebutkan dalam klaim.

Semua pemberian hadiah dan promosi resmi lainnya biasanya dilakukan melalui akun media sosial resmi yang sudah terverifikasi. Akun yang terverifikasi biasanya memiliki tanda centang biru di samping namanya.

Gambar Suntingan

Untuk kasus gambar yang diunggah oleh Elle'ns, setelah ditelusuri diketahui bahwa gambar tersebut merupakan hasil suntingan dari gambar asli yang diunggah di akun Twitter resmi Ellen DeGeneres.

Dalam gambar asli, kertas yang dipegang Ellen bertuliskan "I Stand for Equality" dan bukanlah pemberian hadiah seperti pada gambar yang beredar.

Penipuan Berkedok Hadiah

Menurut Snopes.com, tujuan dari skema giveaway palsu tersebut adalah untuk menaikkan nilai jual akun Facebook tertentu dengan menambah pengikut ataupun jumlah likes, untuk kemudian dijual ke pihak ketiga.

Walaupun terlihat tidak berbahaya, memberikan like ataupun membagikan informasi palsu tersebut tidak sepenuhnya aman. Selain mendorong berkembangnya penipuan online, para penipu juga dapat memperoleh data pribadi korban penipuan.

Salah satu syarat dalam giveaway palsu tersebut adalah untuk melakukan registrasi pada sebuah situs tertentu. Jika tautan situs itu diklik, maka peserta akan diarahkan untuk melengkapi informasi pribadi, termasuk kartu kredit. Dalam beberapa kasus, korban giveaway juga bisa jadi tidak sadar telah mengunduh berkas-berkas berbahaya dari internet.

Kesimpulan

Pemberian hadiah dari Ellen DeGeneres yang banyak beredar di Facebook tidaklah berasal dari akun resmi media sosial Ellen yang sudah bercentang biru. Gambar-gambar yang digunakan untuk promosi juga merupakan hasil suntingan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian hadiah tersebut merupakan penipuan. Skema penipuan melalui Facebook tersebut bertujuan untuk meningkatkan nilai jual akun Facebook dan juga mencuri data pribadi korban penipuan."

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto dan video yang diunggah oleh akun-akun Facebook mengatasnamakan Ellen DeGeneres tidak benar adanya. Ini adalah akunnya yang asli: Ellen DeGeneres

Ellen tidak pernah mengadakan acara give away atau memberikan sesuatu kepada para pengguna Facebook lainnya.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 61 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan lebih dari 21 media nasional dan lokal dalam [cekfakta.com](https://cekfakta.com/ "") untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Sandiaga Sebut 'Lebih Baik Pengangguran daripada Jadi Kacungnya Rezim'
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hujan Batu Sebesar Rumah di Purwakarta Diklaim Serpihan Meteor, Ini Faktanya