Sukses

[Cek Fakta] Prabowo Dituding Kelelahan dan Mengidap Stroke

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden mulai mempersiapkan diri menghadapi Pilpres 2019. Mereka beberapa kali bersafari politik ke sejumlah daerah.

Satu di antaranya adalah capres Prabowo Subianto. Capres nomor urut 2 ini dikabarkan menderita penyakit stroke. Kabar ini beredar, salah satunya di facebook.

Hal ini sebagaimana yang diunggah oleh akun facebook Kakek Detektif. Dalam unggahannya, Kakek Detektif menampilkan foto Prabowo yang tengah berjalan sambil mengangkat satu tangannya.

Dalam foto ini, Prabowo tampak mengenakan kemeja panjang warna putih dan kopiah berwarna hitam. Foto itu juga terdapat tulisan yang menyebut bahwa Prabowo kelelahan.

"TERLIHAT KELELAHAN KAMPANYE, PRABOWO KHAWATIR AKAN MEN-TRIGGER STROKE YANG DIDERITANYA"

Kakek Detektif kemudian juga menambahkan kalimat dalam foto unggahannya tersebut.

"Orang penyakitan kok Nyapres..!," tulis Kakek Detektif.

 

 

Konten itu telah dibagikan sebanyak 22 kali dan mendapat 28 komentar dari warganet sejak diunggah pada Selasa 18 Desember 2018.

 

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Berdasarkan penelusuran, foto yang diunggah oleh akun Kakek Detektif adalah hasil suntingan.

Hal ini diketahui dari unggahan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) di twitter dan facebook.

 

Mafindo menjelaskan bahwa foto yang diunggah Kakek Detektif berasal dari situs berita news24.com. Situs berbahasa inggris itu menayangkan sebuah berita berjudul 'Prabowo withdraws persidential candidacy'.

Berita tersebut telah dipublikasi sejak 22 Juli 2017 silam.

Foto tersebut kemudian disunting, diedarkan dengan narasi yang tidak sesuai dengan konteks dari foto asli.

Sementara, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan bahwa kondisi Prabowo Subianto saat ini sehat.

Dahnil menyebut kabar yang menyebut bahwa Prabowo tengah mengidap stroke adalah fitnah.

"Pak Prabowo itu fit sekali, malah lebih muda sekarang. Saya kan setiap hari bersama pak Prabowo. Jadi fitnah-fitnah seperti itu kami enggak tahu siapa yang menyebar," kata Dahnil saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Pada masa kampanye, kata Dahnil, kegiatan Prabowo semakin padat. Oleh karenanya, ia kembali menegaskan bahwa kabar tersebut adalah tidak benar.

"Hari ini beliau jadwalnya penuh, besok juga penuh. Jadi Pak Prabowo fit sekali. Yang jelas pak Prabowo enggak pernah itu tinggal di rumah berbulan-bulan,'" ungkap mantan Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kabar mengenai capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang mengidap penyakit stroke ternyata tidak benar.

Kabar yang disebarkan oleh akun Kakek Detektif itu ternyata disinformasi. Hal ini sudah diluruskan oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Israel Bombardir Pasukan Iran di Suriah

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Prabowo Sebut Indonesia Akan Punah, Moeldoko: Jangan Berimajinasi, Nanti Repot
Artikel Selanjutnya
Moeldoko Sebut Prabowo Tak Hargai Usaha Pemerintah Berantas Korupsi