Sukses

Grup Neraka akan Bertanding di Stadion Beira-Rio [7]

Warga Brasil selatan bangga, mereka mempunyai stadion besar Jose Pinheiro Borda. Stadion ini terpilih sebagai ajang laga Piala Dunia.

Warga Brasil selatan bangga, mereka mempunyai stadion besar Jose Pinheiro Borda. Namun masyarakat setempat lebih mengenal nama stadion itu sebagai Estadio Beira-Rio.

Stadion Beira-Rio ada di Porto Alegre. Kapasitas tempat duduknya hampir mencapai 50 ribu atau lebih tepatnya 48.849 kursi.

Stadion Beira-Rio menyimpan kisah gotong royong yang menunjukkan rasa memiliki dari warga setempat yang begitu tinggi.



Cerita bermula dari seorang anggota dewan bernama Ephraim Pinheiro Cabral 1956 silam. Ketika itu masyarakat begitu antusias ingin mempunyai tempat olahraga yang besar. Ketika itulah, Pinheiro Cabral mengetahui ada sumbangan dari Guaiba yang kemudian bakal direklamasi untuk tempat Sport Club Intercional.



Pada masa awal, Estadio Beira-Rio dibangun dengan bantuan penggemar dan para pendukung klub. Mereka antara lain turut berkontribusi membawa batubata, beton, dan juga besi. Itulah era sulit hingga memasuki tahun 1960-an.

Sembilan tahun setelah itu, 6 April 1969, Estadio Beira-Rio dipakai untuk laga internasional yang pertama. Tim tuan rumah Internacional Claudiomiro ditantang tamunya klub asal Portugal Benfica. Skuat tuan rumah unggul 2-1.  

Dipersiapkan untuk Stadion Piala Dunia

Stadion Beira-Rio terbesar di wilayah Rio Grande do Sul di bagian selatan Brasil. Meskipun tak seperti Stadion Maracana yang amat besar dan megah, namun Estadio Beira-Rio pernah terpilih sebagai stadion terbaik dalam sebuah pemilihan yang dilakukan oleh kapten tim dari 20 skuat yang ikut dalam Campeonato Brasileiro Serie A.



Di kompleks Stadion Beira-Rio ada bar, restoran, pertokoan, parkiran untuk 3.000-an mobil, aula, pusat kebugaran, lapangan sepakbola, lapangan tenis, dan juga kolam renang. Tak hanya itu, di kompleks olahraga ini juga dibangun sebuah kapel atau gereja kecil.



Setelah ditunjuk sebagai ajang pertandingan Piala Dunia 2014, Stadion Beira-Rio mulai dipermak di berbagai bagian. Projek perbaikan ini disebut sebagai 'Gigante Para Sempre' atau Selamanya Raksasa. Stadion ini menjalani perbaikan yang disesuaikan dengan standar internasional dan FIFA.



Selain untuk menggelar laga sepakbola, Stadion Beira-Rio juga sering dipakai untuk konser musik.

Dalam jadwal pertandingan Piala Dunia 2014, Stadion Beira-Rio akan dipakai untuk laga mulai tanggal 15, 18, 22, 25, dan babak putaran 16 besar pada 30 Juni mendatang. Tim-tim peserta Piala Dunia yang akan bertanding adalah Prancis, Australia, Korea Selatan, Nigeria, Honduras, Belanda, Algeria, dan Argentina. (*Dari berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini