Sukses

[Full Time] Blunder Courtois Jaga Peluang Zenit

Blunder kiper Atletico Madrid Thibaut Courtois membuat peluang Zenit St Petersburg lolos dari fase grup masih terbuka.

Peluang Zenit St Petersburg melaju ke babak 16 besar Liga Champions nyaris tertutup. Menjamu Atletico Madrid di matchday kelima penyisihan Grup G di Petrovsky Stadium, Selasa, 26 November 2013 malam waktu setempat atau Rabu (27/11/13) dinihari WIB, Zenit sempat tertinggal 0-1 sebelum akhirnya memaksakan hasil imbang 1-1 melalui gol bunuh diri bek Atletico asal Belgia, Toby Alderweireld.

Dengan hasil ini, Atletico yang telah dipastikan meraih juara grup menempati peringkat pertama dengan jumlah 13 poin diikuti Zenit dengan jumlah 6 angka atau unggul dua poin dari rival terdekatnya FC Porto yang baru akan bertanding melawan Austria Wienna. Dengan satu partai yang masih tersisa, peluang bagi Zenit untuk meraih posisi runner-up grup masih terbuka.

Setelah bermain tanpa gol di 45 menit pertama, Zenit terus menekan saat babak kedua dimulai. Tujuh menit berlalu, peluang lewat kerja sama Witsel, Hulk, dan Aleksandr Kerzhakov kembali gagal membuahkan hasil. Zenit kian terpuruk setelah semenit kemudian, justru gawang Yuri Lodygin yang jebol.

Gol pembuka keunggulan Atletico tercipta lewat gol strikernya Adrian Lopez. Menerima umpan akurat yang disodorkan Raul Garcia, Adrian dengan dingin melontarkan tembakan yang mengelabui kiper Lodygin. Skor 0-1. Publik Petrovksy diam seribu basa.

Melihat kondisi gawat tersebut, pelatih Zenit memasukkan dua pemain: Andrey Arshavin dan Vladimir Bystrov. Serangan Zenit mulai mengalir, utamanya lewat sektor sayap. Di menit ke-70, tendangan lemah Hulk dapat dengan mudah diselamatkan kiper Courtois. Pun demikian halnya dengan sepakan Arshavin dua menit kemudian yang melebar jauh.

Di tengah-tengah rasa frustasi, di menit ke-74, Zenit mendapat anugerah. Dari satu skema serangan yang sejatinya tidak terlalu berbahaya, gawang Atletico jebol. Bermula dari umpan silang yang dilontarkan Igor Smolnikov. Bola dicoba disundul bek Alderweireld. Namun, arah bola justru meluncur ke pojok atas kanan gawang Atletico. Yang membuat terkejut, kiper Courtois gagal mengantisipasi datangnya bola. Skor 1-1.

Gol tersebut membuat semangat Zenit kian berlipat. Tekanan terus dilakukan. Namun, kesalahan di babak pertama kembali terulang. Hulk dkk gagal menyelesaikan peluang akhir di kotak penalti. Walhasil, skor 1-1 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain:
Zenit: Lodygin, Criscito, Lombaerts, Hubocan, Smolnikov, Shirokov (Arshavin), Shatov, Fayzulin (Bystrov), Witsel, Hulk, Kerzhakov.
Atletico: Courtois, Alderweireld, Juanfran (KK), Insua, Miranda, Koke, Raul Garcia (KK), Cristian Rodriguez (Oliver Torres), Gabi, Guilavogui, Adrian Lopez.
Wasit: Martin Atkinson
(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini