Sukses

Hadapi Kroasia, Upaya Islandia Tampil Perdana di Piala Dunia

Islandia akan memulai upayanya untuk kali pertama tampil di putaran final Piala Dunia 2014 Brasil saat menjamu Kroasia, Sabtu dinihari.

Islandia akan memulai perjuangan dalam meraih tiket Piala Dunia 2014 Brasil saat menjamu Kroasia dalam leg pertama play-off di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Sabtu (16/11/2013) dinihari WIB. Islandia ke babak play-off setelah menjadi runner up grup E di bawah Swiss. Sedangkan Kroasia finis di bawah Belgia yang menjadi juara A.

Menghadapi Kroasia, Islandia memang tak diunggulkan. Ini wajar karena Kroasia merupakan negara yang sering menjadi langganan ke Piala Dunia. Sementara Islandia tidak pernah sekali pun jadi partisipan di dalamnya. Paling jauh, mereka hanya jadi tim kontestan di sesi kualifikasi.

Selain itu, skuat Kroasia dihuni sejumlah pemain-pemain bagus seperti Luka Modric (Real Madrid), Mario Mandzukic (Bayern Muenchen), Ivica Olic, dan Ivan Rakitic (Sevilla). Adapun Islandia bertumpu pada Eidur Gudjohnsen dan Gylfi Sigurdsson yang memberikan begitu banyak tenaga untuk pelatih Lars Lagerback. Selain itu, ada penyerang Ajax Amsterdam, Kolbeinn Sigthorsson, yang telah mencetak empat gol selama babak kualifikasi.

Namun, Islandia tidak boleh dipandang sebelah mata. Terlebih, mereka bermain di hadapan publiknya sendiri. Setidaknya, Lagerback sudah membuktikan dengan lolos ke play-off, skuatnya patut diperhitungkan.

Tangan dingin Lagerback sangat diharapkan Islandia. Pelatih berusia 65 tahun ini pernah meloloskan Swedia ke Piala Dunia 2002 dan 2006, serta ke Piala Eropa 2000, 2004, maupun 2008. Meski lebih rileks karena tidak memiliki beban terlalu besar, Lagerback mengaku kegagalan di play-off akan menjadi sebuah kekecewaan besar. "Tentu saja, akan menjadi sebuah kekecewaan besar jika kami gagal ke Brasil setelah sedemikian dekat," ujar Lagerback kepada Guardian.

Sejauh ini, Islandia dan Kroasia belum pernah saling bertemu. Namun, Islandia memiliki penampilan stabil dalam tiga pertandingan terakhir. Islandia menang dua kali dan seri sekali dalam tiga laga terakhir babak kualifikasi. Sedangkan Kroasia justru menderita dua kekalahan di laga terakhir kualifikasi. Kroasia menang 2-1 atas Korea Selatan dalam laga persahabatan 10 September lalu.(Bog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.