Sukses

Manchester United Ingin Rekrut Legenda yang Sudah 23 Tahun Tinggalkan Old Trafford

Manchester United dirumorkan ingin merekrut eks pemain yang sudah pergi 23 tahun lalu dari Old Trafford. Siapa dia?

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United dirumorkan ingin memulangkan salah satu eks pemain legendaris yang pernah berjaya di era kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Laporan Football Transfers mengungkap Setan Merah berniat memberi posisi buat Jaap Stam yang sejatinya dijadwalkan bekerja sebagai pelatih kepala di klub liga bawah Belanda, DOS Kampen, mulai musim depan.

Sebagai informasi, Stam dulunya memperkuat Setan Merah sebagai bek sai didatangkan dari PSV Eindhoven pada musim panas 1998. MU kala itu menggelontorkan dana sekitar 17 juta euro demi mendaratkannya di Old Trafford.

Jaap Stam lantas menjelma menjadi penggawa yang diperlukan Sir Alex Ferguson selama kariernya bersama Manchester United. Dia bahkan turut membantu tim raksasa Premier League memenangkan trofi Liga Champions pada 1999 usai mengalahkan Bayern Munchen dengan 2-1 di babak final.

Situs Transfermarkt mencatat Stam tampil dalam total 127 pertandingan untuk Setan Merah dalam berbagai ajang. Meski bertugas di pos pertahanan, dia juga turut berkontribusi memberi 1 gol dan 3 assists sepanjang memperkuat klub raksasa Liga Inggris.

Sayangnya, kebersamaan Jaap Stam dan MU hanya berlangsung sampai 2001. Sang pemain lantas melanjutkan karier dengan berpindah ke beberapa klub mulai dari Lazio, AC Milan, dan Ajax, hingga akhirnya memutuskan gantung sepatu pada 2007.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Jajal Karier Kepelatihan

Jaap Stam lantas mulai menjajal karier kepelatihan setelah dirinya pensiun sebagai pemain. Dia pernah memegang jabatan di tim muda serta menjadi asisten manajer untuk PEC Zwolle dan Ajax.

Stam lantas untuk pertama kalinya diberi kesempatan menjadi manajer oleh Reading dari periode 2016 hingga 2018. Dia juga sempat megemban jabatan serupa bersama Feyenoord dan Cincinnati sebelum akhirnya dipecat pada September 2021 silam.

Laporan Football Transfers mengungkap DOS Kampen sejatinya sudah bersiap menyelamatkan Stam dari masa menganggur dengan mendapuknya sebagai pelatih di klub. Dia bakal bertugas di tim Belanda mulai musim 2024/2025.

3 dari 4 halaman

Manchester United Ingin Bajak Jaap Stam?

Akan tetapi, Manchester United dirumorkan berniat membajak pemainnya sebelum dia mulai bekerja di DOS Kampen. Laporan di Italai menyebut mantan bek berusia 51 tahun kemungkinan bakal ditawari peran sebagai staf teknis atau dewan di Old Trafford.

"Menurut informasi yang dikumpulkan oleh editor selama beberapa jam terakhir, kontak sudah dijalin antara klub (Manchester United) dan Stam sendiri untuk mendiskusikan peluang kembalinya di ke Old Trafford ungkap kabar di Italia, seperti dilansir dari Football Transfers.

"Akan tetapi bagi dia (Stam), tidak ada kecenderungan mengisi peran sebagai pelatih, melainkan (menempati) posisi di klub atau staf teknis yang akan mulai bekerja pada musim 2024/2025," tambah TuttoMercatoWeb.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Klasemen Akhir Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jaap Stam

  • Berita Bola