Sukses

PBVSI Beber Target untuk Timnas Voli Putra dan Putri Indonesia di AVC Challenge Cup 2024

PBVSI selaku federasi bola voli Tanah Air mengungkap target yang dipasang pihaknya untuk timnas putra dan putri di ajang Asian Volleyball Confederation atau AVC Challenge Cup 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas bola voli putra dan putri Indonesia kembali berpartisipasi dalam ajang Asian Volleyball Confederation atau AVC Challenge Cup 2024. PBVSI selaku federasi bola voli Tanah Air pun membeberkan target yang dipasang untuk masing-masing skuad.

Sekadar informasi, PBVSI sebelumnya telah memutuskan mengirim tim pelapis untuk berpartisipasi dalam perhelatan AVC Challenge Cup 2024 for Women yang berlangsung di Filipina mulai 22 Mei hingga 29 Mei 2024.

Keputusan tersebut diambil lantaran skuad senior lebih fokus berlaga di Proliga 2024, sementara tim junior diharapkan dapat mulai memanaskan mesin jelang tampil di AVC U-17, U-19, hingga SEA Games 2025.

Adapun khusus skuad putra, PBVSI sudah menyiapkan tim Jakarta Garuda Jaya yang sempat ambil bagian dalam Proliga 2024. Mereka selanjutnya akan dikirim ke Bahrain guna melakoni AVC Challenge Cup 2024 for Men yang diselenggarakan mulai 2 Juni sampai 9 Juni 2024 mendatang. Kemudian pada 23-30 Juli 2024 akan mengikuti event AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024 di Surabaya, yang diikuti oleh 16 negara.

Sehubungan dengan hal itu, Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo pun mengaku sudah memberi target buat masing-masing skuad dalam gelaran kali ini. Timnas voli putra Indonesia diharapkan mampu mempertahankan posisi finis di urutan 6 tahun lalu. Sementara tim putri yang sebelumnya menyandang status runner-up hanya diminta tampil maksimal dan mengamankan peringkat 4 atau 5, sebab mereka diperkuat pemain pelapis.

"Di Bahrain (AVC Challenge Cup 2024 Putra) kita memang agak (sulit), karena lawannya kuat-kuat. Tahun lalu kita urutan 6. Kalau bisa, masih pada posisi tahun lalu di Bahrain. Mudah-mudahan kita mampu pertahankan yang AVC tahun lalu," ucap Ketum PBVSI Imam Sudjarwo saat ditemui Liputan6.com di Gedung Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat pada Rabu (22/5/2024).

"Tapi kalo AVC tahun lalu, timnas voli putri Indonesia jadi runner-up, paling tidak target kita mereka main yang terbaik saja di Filipina. Syukur kalau putri bisa pertahankan runner-up. Namun, paling tidak target kita bisa 4 atau 5 besar yang putri," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tim Putra Bidik Tiket Piala Dunia Voli U-21 2025

Meski tak diberi target terlampau besar di AVC Challenge Cup 2024, PBVSI tetap menaruh harapan khusus untuk timnas voli putra Indonesia di ajang berbeda. Mereka diminta tembus 4 besar dalam Kejuaraan Voli Asia U-20 alias AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024 yang berlangsung di Surabaya pada 23 Juli hingga 30 Juli 2024.

Predikat 4 besar dibutuhkan agar timnas voli putra Indonesia mendapat peluang berpartisipasi dalam Piala Dunia FIVB U-21 yang digelar tahun depan. Tanah Air pun selanjutnya akan mencoba peruntungan menjadi tuan rumah di ajang tersebut.

"Garuda Jaya (timnas voli putra Indonesia) ini kita kirim ke AVC Challenge Cup di Bahrain. Setelah itu, goal-nya adalah AVC U-20 yang akan dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 23-30 (Juni). Mudah-mudahan, kita minta doa restu dari masyarakat secara luas, supaya Indonesia yang U-20 ini bisa menang atau masuk 4 besar," ucap Ketum PBVSI Imam Sudjarwo.

"Kalau masuk 4 besar, itu langsung bisa ikut Kejuaraan Dunia U-21 pada 2025. Harapannya seperti itu, dan kalau memang tim putra kita bisa masuk 4 besar, masuk Piala Dunia U-21, kita ingin meminta ke FIVB (federasi bola voli dunia) supaya (kompetisinya) bisa dimainkan di Indonesia pada 2025 mendatang," tutur Imam Sudjarwo.

3 dari 3 halaman

Sasaran Jangka Menengah Timnas Putri

Sementara itu bagi timnas putri yang diturunkan ke AVC Challenge Cup 2024, PBVSI juga menyiapkan sasaran jangka menengah yang bermuara pada SEA Games 2025. Federasi bola voli Tanah Air berharap ajang ini bisa jadi sarana pembinaan prestasi bagi pasukan Merah Putih jelang menatap ajang-ajang selanjutnya.

"Tim putri ini juga sekaligus dalam rangka upaya pembinaan prestasi dari PBVSI. Sekarang mereka bertanding di AVC Challenge Cup Filipina, nanti setelah itu mereka akan diberangkatkan lagi ke Thailand dalam rangka AVC U-17. Setelah itu, lanjut lagi, mereka dikirim ke AVC U-19 di Vietnam," papar Imam Sudjarwo.

"Setelah itu, (tim putri) kita akan arahkan SEA Games untuk tahun 2025. Tentu kita akan ambil pemain-pemain muda ini, bergabung dengan pemain senior. Kita targetnya adalah di SEA Games 2025. Jadi walaupun itu lapis kedua, tapi ada sasaran yang memang ingin kita raih," tandas Ketum PBVSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.