Sukses

Profil Tim Piala Eropa 2024: Jalan Panjang Hungaria Mengulang Masa Keemasan

Piala Eropa 2024 menjadi kali keempat Timnas Hungaria berpartisipasi. Dikenal dengan julukan Magyarok, tim ini menjadi pusat perhatian saat tergabung dalam Grup A bersama Jerman, Skotlandia, dan Swiss.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa 2024 menjadi kali keempat Timnas Hungaria berpartisipasi. Dikenal dengan julukan Magyarok, tim ini menjadi pusat perhatian saat tergabung dalam Grup A bersama Jerman, Skotlandia, dan Swiss.

Pertandingan perdana Hungaria pada babak grup dijadwalkan berlangsung di Cologne Stadium, Sabtu (15/6/2024) menghadapi Swiss. Sebuah pertarungan yang diantisipasi oleh para penggemar Hungaria dengan harapan bisa meraih hasil positif untuk memulai langkah mereka di turnamen ini.

Pada kesempatan sebelumnya, Hungaria merasakan pengalaman pahit. Mereka sukses mengimbangi Jerman 2-2 pada laga terakhir Grup F Piala Eropa 2020. Namun, meski memetik hasil mengejutkan, Timnas Hungaria gagal melaju ke fase gugur.

Skuad yang diarsiteki oleh Marco Rossi harus puas berada di luar zona lolos, meninggalkan kekecewaan bagi para pendukung setianya.

Sempat juga mengikuti Piala Eropa 2016, periode keemasan Hungaria dicatat beberapa dekade sebelumnya. Mereka sukses menduduki posisi tiga pada Piala Eropa 1964 setelah mengalahkan Denmark dengan skor 3-1.

Prestasi tersebut masih menjadi capaian terbaik dalam sejarah sepak bola Hungaria, menandai momen gemilang bagi bangsa tersebut dalam kancah sepak bola Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci Hungaria: Dominik Szoboszlai

Dominik Szoboszlai, pemain berbakat asal Hungaria ini telah menorehkan sejumlah prestasi cemerlang dalam karier profesionalnya, menjadi salah satu bintang terang di lapangan hijau. Kini, sorotan tertuju padanya setelah bergabung dengan klub elite Liga Inggris, Liverpool. 

Szoboszlai memulai karier dengan Liefering hingga tampil untuk tim utama klub tersebut pada Juli 2017. Ia kemudian bergabung ke klub Bundesliga Austria Red Bull Salzburg pada 2018 dan berhasil meraih gelar juara liga empat kali secara berturut-turut bersama klub tersebut. Pada Desember 2020, Szoboszlai bergabung ke klub Bundesliga RB Leipzig dengan kontrak berdurasi hingga 2025.

Bersama Leipzig, ia berhasil meraih dua gelar juara Piala DFB (2021–2022 dan 2022–2023). Ia kemudian bergabung ke Liverpool pada Juli 2023. Penampilan mendapat panggilan pertamanya ke skuad senior Hungaria Untuk pertandingan persahabatan melawan Rusia dan pertandingan kualifikasi Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 melawan Andorra pada bulan Juni 2017.

Dia melakukan debut untuk skuad senior pada tanggal 21 Maret 2019 dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 melawan Slovakia sebagai pemain pengganti pada menit ke-54 menggantikan Lászlo Kleinheisler.

Pada pertandingan play-off kualifikasi Euro 2020 UEFA melawan Islandia, dia mencetak gol pemenang pada menit terakhir untuk mengantarkan Hungaria ke Euro 2020.

3 dari 3 halaman

Pelatih Hungaria: Marco Rossi

Marco Rossi adalah sosok yang dikenal sebagai pemain bertahan ini mengawali karier sebagai pesepak bola profesional dari klub lokal kota kelahirannya, Torino. Rossi bergabung bersama Torino selama 2 tahun, dari 1982 sampai 1984. Dalam kurun tersebut ia memperkuat tim muda hingga menembus tim senior. Sempat beberapa kali memperkuat klub lokal Italia lain seperti SSC Campania, Catanzaro, Brescia, dan Sampdoria. Tahun 1995, ia pindah berkarier ke Liga Brasil saat menerima pinangan America RN. 

Hanya bertahan setahun di Brasil, Rossi lantas kembali ke Eropa dengan bergabung ke klub Liga Jerman, Eintracht Frankfurt, pada 1996. Tak lama berselang, ia memutuskan kembali ke Italia dengan bergabung bersama Piacenza.  Selepas itu Rossi tak pernah lagi bermain untuk klub di luar Negeri Pizza, hingga akhirnya gantung sepatu tahun 2000 usai menghabiskan kontrak di klub Serie C, Feralpisalo. 

Tahun 2002 Marco Rossi ditunjuk untuk menukangi tim Udinese U-19. Selepas itu ia sempat berpindah ke beberapa klub yang berkompetisi di strata bawah Liga Italia, seperti Lumezzane, Pro Patria, Spezia, AC Scafatese, dan Cavese. Baru pada tahun 2012, Rossi memutuskan hijrah ke Hungaria untuk menahkodai klub Liga Utama, Budapest Honved. Periode pertama kepelatihannya berakhir hingga tahun 2014. 

Setahun berselang, manajemen Budapest Honved kembali menunjuk Marco Rossi untuk membesut tim dari tahun 2015 sampai 2017. Pada periode kedua masa kepelatihannya inilah, Rossi sukses membawa skuadnya menjuarai Liga Utama Hungaria musim 2016/2017. Meski sempat setahun meninggalkan Hungaria untuk melatih klub Slovakia, Dunajska Streda, Marco Rossi akhirnya kembali ke Budapest untuk menukangi Timnas Hungaria, mulai bulan Juni 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.