Sukses

Ini Lawan Timnas Indonesia di 8 Besar Piala Asia U-23 2024, Tantang Raksasa dari Timur

Timnas Indonesia mengetahui lawan untuk perempat final Piala Asia U-23 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengetahui lawan untuk perempat final Piala Asia U-23 2024. Pasukan Shin Tae-yong bakal meladeni Korea Selatan. 

Kepastian didapat menyusul berakhirnya persaingan Grup B, Senin (22/4/2024). Korsel membekuk Jepang 1-0 lewat gol Kim Min-woo pada menit ke-75 laga di Jassim Bin Hamad Stadium. 

Hasil ini membuat Korsel menjadi juara Grup B dan menghadapi runner-up Grup A timnas U-23 Indonesia pada perempat final. Pertandingan tersebut bakal berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB. Sedangkan Jepang yang berstatus runner-up Grup B bersua juara Grup A Qatar.

 

Indonesia sebelumnya mencetak sejarah dengan lolos ke babak gugur pada partisipasi perdana di Piala Asia U-23. Rizky Ridho dan kawan-kawan menyegel tiket usai menghancurkan Yordania 4-1, Senin dini hari WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Kehilangan Pilar di Piala Asia U-23 2024

Menghadapi laga kontra Korsel, timnas Indonesia dipastikan kehilangan bek Swansea City yang tengah dipinjamkan ke SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On. Sang pemain sudah kembali ke Belanda demi memperkuat lagi klubnya yang sedang mengarungi kompetisi Eredivisie.

Seperti diketahui, pemanggilan Nathan sejak awal memang jadi tantangan berat buat Timnas Indonesia U-23. Klubnya enggan memberi restu kepada sang pemain untuk menunaikan tugas internasional lantaran Piala Asia U-23 tak masuk dalam agenda FIFA.

Barulah setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir melakukan lobi panjang, SC Heerenveen bersedia membiarkan Nathan Tjoe-A-On pergi. Hanya saja, Garuda Muda cuma bisa memakai jasa dia hingga fase penyisihan grup tuntas digelar. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga pun membenarkan kesepakatan yang terjadi antara pihak federasi dengan klub Eredivisie. Menurut dia, hasil lobi mengharuskan Nathan cabut ke Belanda setelah mengantar Merah Putih melaju ke perempat final. 

"Memang kemarin, kita melobi klubnya Nathan. Dari hasil tersebut, awalnya berat betul bagi mereka melepas Nathan," ucap Arya.

"Pak Ketua (Erick Thohir) minta langsung supaya minimal (Nathan) bisa (bermain sampai) lolos 8 besar, karena kan target awal kita di sana," sambung dia.

3 dari 3 halaman

Target Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024

Terlepas dari potensi ketiadaan pilar penting, Shin Tae-yong tetap merasa tertantang untuk mengantar timnya melaju hingga fase semifinal. Juru taktik berusia 53 tahun menyebut hal ini sudah menjadi targetnya, sehingga dia bakal mempersiapkan tim sebaik mungkin.

"Sepak bola Indonesia telah melewati banyak hal, saat ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus menanjak naik. Karenanya saya menerima tantangan tersebut (mengantar skuad U-23 ke semifinal) sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. Saat kami membuat sejarah ini bersama para pemain, saya sangat senang," ucap Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini