Sukses

Piala Asia U-23 2024: Pemain Abroad Timnas Indonesia Gabung TC di Dubai Mulai 8 April

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Nova Arianto mengungkap para pemain abroad kemungkinan baru bisa menyusul Timnas Indonesia U-23 dalam TC di Dubai jelang Piala Asia U-23 2024 pada Senin (8/4/2023) pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 segera memulai sesi pemusatan latihan (TC) guna mempersiapkan diri jelang menatap ajang Piala Asia U-23 2024, yang dijadwalkan berlangsung di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei mendatang. 

Sebanyak 28 pemain lokal dan abroad telah dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong guna memperkuat tim racikannya dalam turnamen sepak bola level Asia. 

Sejumlah penggawa Garuda Muda dilaporkan sudah berkumpul di Jakarta sejak Minggu (31/3/2024) dan langsung diagendakan terbang menuju lokasi TC di Dubai pada Senin (1/4/2024) sore WIB. 

Bagi pemain lokal, memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-23 memang sudah tak jadi hambatan. PSSI sebelumnya telah memerintahkan kompetisi Liga 1 2023/2024 ditunda sementara, sehingga tak ada alasan bagi klub melarang penggawa pilihan pergi.

Hanya saja, privilese itu tak berlaku buat pemain Garuda Muda yang berkarier di luar negeri. Mereka masih punya kewajiban membela klub, meski Shin Tae-yong sudah ingin buru-buru memanaskan mesin lewat pemusatan latihan di negeri Timur Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Pemain Abroad Menyusul 8 April

Situs resmi PSSI mencatat ada setidaknya 6 pemain abroad—termasuk naturalisasi—yang hendak diboyong oleh pelatih Timnas Indonesia U-23 untuk mengikuti ajang Piala Asia U-23 2024. 

Mereka adalah Justin Hubner (Cerezo Osaka),  Pratama Arhan (Suwon FC), Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen). 

Para pemain tersebut diproyeksikan baru bisa menyusul Timnas Indonesia U-23 dalam TC di Dubai, Senin (8/4/2023) pekan depan. Hal itu sebagaima disampaikan oleh asisten pelatih TImnas Indonesia U-23 Nova Arianto dalam pernyataannya baru-baru ini. 

"Pemain yang di luar negeri kalau tidak salah tanggal 8 (April) bergabung. Akan tetapi, kita lihat situasinya, nanti akan di-update lagi,"nungkap Nova kepada awak media, Minggu (31/3/2024).

3 dari 4 halaman

Negosiasi Perizinan Klub Luar Negeri Masih Berjalan

Nova juga menjelaskan, proses negosiasi terkait perizinan dengan klub luar negeri yang menampung pemain Timnas Indonesia U-23 hingga kini masih berlangsung.

Piala Asia U-23 sendiri sejak awal memang diketahui tidak masuk kalender FIFA, sehingga federasi butuh usaha ekstra merayu klub-klub abroad agar melepas penggawa Garuda Muda 

Nova sendiri menyiratkan, sejauh ini ada beberapa pemain yang sudah dikonfirmasi bisa bergabung. Walau begitu, terdapat pula sejumlah penggawa yang masih terkendala. 

"Perizinan klub luar selama ini masih berjalan. Ada beberapa pemain yang bisa, ada beberapa pemain yang enggak bisa. Tapi yang pasti (soal) siapanya, nanti akan di-update," tambah dia.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024

1. Ernando Ari (Persebaya Surabaya)

2. Adi Satryo (PSIS Semarang)

3. Erlangga Setyo (Persis Solo)

4. Daffa Fasya (Borneo FC)

5. Rizky Ridho (Persija Jakarta)

6. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

7. Justin Hubner (Cerezo Osaka)

8. Komang Teguh (Borneo FC)

9. Muhammad Ferarri (Persija Jakarta)

10. Pratama Arhan (Suwon FC)

11. Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta)

12. Haykal Alhafiz (PSIS Semarang)

13. Dzaky Asraf (PSM Makassar)

14. Ilham Rio (Persija Jakarta)

15. Bagas Kaffa (Barito Putera)

16. Ivar Jenner (FC Utrecht)

17. Arkhan Fikri (Arema FC)

18. Rifky Dwi (Persita Tangerang)

19. Rayhan Hannan (Persija Jakarta)

20. Ikhsan Nur (Borneo FC)

21. Witan Sulaeman (Bhayangkara FC)

22. Jeam Kelly (Persik Kediri)

23. Marselino Ferdinan (KMSK Deinze)

24. Fajar Fathurahman (Borneo FC)

25. Rafael Struick (ADO Den Haag)

26. Ramadhan Sananta (Persis Solo)

27. Hokky Caraka (PSS Sleman)

28. Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.