Sukses

Kualifikasi Piala Asia Bola Basket 2025: Timnas Indonesia Babak Belur Lawan Thailand

Timnas basket Indonesia kalah telak saat tandang ke Thailand pada laga pertama Kualifikasi Piala Asia Bola Basket 2025.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia mengawali langkah di Kualifikasi Piala Asia Bola Basket 2025 dengan buruk. Tergabung di Grup A, Indonesia babak belur 56-73 saat dijamu Thailand pada laga pertama di Nimibutr Stadium, Bangkok, Kamis (22/2/2024) malam WIB.

Menghadapi Kualifikasi Piala Asia Bola Basket 2025, timnas Indonesia memang membawa mayoritas pemain muda. Tak ada pemain naturalisasi Marques Bolden yang sedang bermain di NBA. Derrick Michael, Andakara Prastawa dan Abraham Damar Grahita juga tidak dibawa.

Sedangkan Yudha Saputera dan Brandon Jawato sedang tidak fit. Timnas Indonesia mengandalkan pemain naturalisasi Lester Prosper.

Tanpa pemain kunci, tim yang dimanajeri Rony Gunawan itu kesulitan mengimbangi Thailand. Sejak kuarter pertama, Thailand sudah mendominasi dimotori eks pemain CLS Frederick Lee Jones Lish. Thailand mampu membuat Indonesia cuma membuat delapan poin saja di kuarter pertama. Tuan rumah unggul 17-8.

Memasuki kuarter dua permainan Indonesia mulai sedikit membaik dan bisa mengimbangi Thailand. Meski skor keseluruhan masih tertinggal jauh, Widyanta Putera Teja dan kawan-kawan cuma kalah 17-18 di kuarter kedua ini.

Timnas basket Indonesia tak mampu melanjutkan momentum ini di kuarter tiga. Thailand kembali mendominasi. Mereka dengan mudah mencetak poin demi poin akibat kesalahan pemain Indonesia. Thailand merebut kuarter tiga 25-10. Thailand punya modal keunggulan 25 poin untuk memulai kuarter empat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agassi dan Arighi Bersinar

Baru di kuarter keempat Indonesia bisa mencetak banyak poin. Tembakan tiga angka mulai jalan lewat Agassi Goantara dan Muhammad Arighi. Indonesia membuat 21 angka dan meredam Thailand cuma 13 angka. Namun semuanya sudah terlambat. Thailand tak bisa dikejar berkat jauhnya jarak di kuarter satu sampai tiga.

Agassi memimpin perolehan angka timnas basket Indonesia dengan 14 poin, disusul Arighi dengan sembilan poin. Widy finis dengan delapan poin, tapi membuat lima turn over.

3 dari 3 halaman

Morgan Jadi Mimpi Buruk Timnas Basket Indonesia

Pemain naturalisasi Thailand Moses Morgan menjadi mimpi buruk bagi Indoensia. Dia mencetak 24 poin. Akurasi tembakannya sangat baik. Masuk 10 dari 15. Lish sendiri finis dengan 13 poin sama seperti raihan Chanatip Jakrawan.

Pada laga kedua, timnas basket Indonesia akan menjamu Australia di Indonesia Arena pada Minggu (25/2/2024) malam WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini