Sukses

Timnas Indonesia Latihan Perkuat Otot-Otot Kecil, Bisa Menambah Stamina Pemain di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia ingin menaikkan stamina pemain dengan melatih otot-otot kecil jelang Piala Asia 2023. Ini dipercaya bisa bantu menaikkan stamina.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia terus menggeber latihan usai jeda sehari karena libur hari Natal. Pada Selasa (26/12/2023) kemarin, pemain Timnas berlatih di pusat kebugaran (fitness center) Hotel Titanic Deluxe Golf Belek, Antalya, Turki.

Latihan gym dibagi menjadi beberapa bagian yang berfokus untuk penguatan otot pemain. Pelatih fisik tim, Shin Sang-gyu mengatakan, ada beberapa jenis latihan untuk gym.

"Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna," katanya seperti dikutip situs PSSI.

"Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan powernya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang."

"Saat ini stamina mereka sangat kurang, penguatan ini sangat penting. Tetapi pemain punya potensi baik, maka dari itu kita latihan gym terus menerus," dia menambahkan.

Timnas Indonesia berkekuatan 28 pemain di TC yang berlangsung di Antalya Turki ini. Nantinya, pelatih Timnas Garuda Shin Tae-Yong bisa membawa 26 pemain ke Piala Asia 2023, berubah dari regulasi AFC sebelumnya 23 pemain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Yakob Sayuri Semangat Ikuti Latihan Timnas

Sementara itu, bagi pemain seperti Yakob Sayuri, dia dan teman-teman terus semangat menjalani latihan dan dia sudah siap menatap Piala Asia nanti. Dia menjalani latihan dengan penuh semangat.

"Latihan pagi ini fokus core, untuk penguatan perut, antusias teman-teman hari ini sangat semangat untuk menjalani latihan," katanya.

"Kondisi saya sangat baik setelah bergabung di TC dengan latihan yang diberikan oleh head coach, sangat siap untuk menghadapi Piala Asia nanti," lanjutnya.

Meski begitu, dia menyatakan ada kendala dalam beradaptasi dengan cuaca di Turki, tapi lama kelamaan dia bisa menyesuaikan dengan baik. "Kalau kendala, mungkin adaptasi cuaca, di Indonesia panas, di sini dingin, namun saya bisa mulai bisa menyesuaikan dengan baik," ujarnya.

 

3 dari 5 halaman

Nova Arianto Rayakan Natal dari Jauh

 

Sementara itu, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dan pemain Yakob Sayuri harus merasakan perayaan hari Natal jauh dari keluarga, dengan bergabung dalam TC tim nasional Indonesia di Antalya, Turki, guna persiapan menuju Piala Asia 2024.

Walau begitu, mereka berdua tetap bisa merasakan semangat Natal di TC timnas bersama-sama dengan mereka yang juga merayakannya. Bagi mereka, ini adalah panggilan negara.

"Ini mungkin jadi tahun keempat ya, saya harus merayakan Natal jauh dari keluarga, tapi saya masih senang dan bersyukur kita bisa merayakan Natal dengan teman-teman yang ada di sini, teman-teman timnas yang juga merayakan, saya terbiasa dengan situasi ini, mungkin karena ini yang keempat kalinya jauh dari keluarga," buka Nova Arianto.

 

4 dari 5 halaman

PSSI Realistis dengan Target Timnas Indonesia

 

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, realistis dengan target untuk timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Sebelumnya, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mematok target lolos ke babak 16 besar. Amali mengatakan PSSI mendorong Shin Tae-yong mewujudkan target tersebut.

Meski, di satu sisi, PSSI harus realistis dengan peluang itu. Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D dan akan bersaing dengan tim-tim kuat seperti Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis," kata Amali.

 

5 dari 5 halaman

PSSI Selalu Berdiskusi dengan Shin Tae-Yong

 

Amali menambahkan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu berdiskusi dengan Shin Tae-yong tentang perkembangan dari para pemain. Saat ini, Asnawi Mangkualam Bahar dkk sedang digembleng dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki.

TC itu akan berlangsung sampai 6 Januari 2024. Selain berlatih, skuad Garuda juga bakal beruji coba sebanyak dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari.

"Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauh mana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri."

"Jadi sebagaimana yang disampaikan oleh Coach Shin Tae-yong, dia akan usahakan kita lolos ke 16 besar, ya kita tunggu saja," tutur Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) periode 2019-2023 tersebut

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.