Sukses

Hasil BRI Liga 1: Madura United Hajar 10 Pemain Barito Putera

Liputan6.com, Jakarta - Madura United sukses memetik poin penuh saat menjamu Barito Putera dalam pertandingan pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (10/12/2023) sore WIB.

Laskar Sape Kerrab menghajar habis-habisan 10 penggawa Barito Putera dan mencatatkan keunggulan 4-1, meski sempat tertinggal lebih dulu oleh gol Gustavo Tocantins di pertengahan babak pertama.

Skenario jual beli serangan mewarnai duel Madura United vs Barito Putera sejak babak pertama. Tim tuan rumah sempat memperoleh peluang untuk membuka keunggulan lewat aksi Dalberto pada menit ke-11, tetapi upayanya masih gagal dikonversi menjadi gol.

Barito Putera yang tak ingin tinggal diam gantian menebar ancaman beberapa waktu berselang. Rizky Pora mengangkat bola untuk mengirim umpan kepada rekannya yang berjaga di dekat gawang. Namun, si kulit bundar yang dikirimnya masih melambung sehingga sulit dikejar.

Kebuntuan akhirnya terpecah pada menit 28. Gustavo Tocantins, yang berdiri di posisi tak terduga dan tanpa pengawalan, mampu menceploskan bola setelah memanfaatkan umpan Bagas Kaffa. Skor sementara berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Drama terjadi jelang memasuki 15 menit akhir waktu normal babak pertama. Laskar Antasari nyaris dipaksa bermain hanya dengan 10 penggawa ketika Buyung Ismu diganjar kartu merah. Beruntung keputusan itu ditarik setelah wasit melakukan diskusi.

Madura United mencoba mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta pada menit 41. Malik Risaldi sukses memanfaatkan bola yang memantul di mistar gawang usai disundul oleh Jadob Mahler. Skor sementara berubah menjadi 1-1 dan bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua Madura United vs Barito Putera

Madura United dan Barito Putera kembali mencoba peruntungan untuk menambah torehan golnya di babak kedua. Akan tetapi, duo kesebelasan masih sulit menembus lini pertahanan masing-masing hingga laga berjalan lebih dari 60 menit.

Kesempatan emas akhirnya diperoleh Laskar Sape Kerrab pada menit 66. Pelanggaran yang dilakukan terhadap Dalberto di kotak terlarang membuat Madura United mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit.

Jaja dikirim sebagai eksekutor untuk mencetak gol dari titik putih. Ega Rizky sejatinya sanggup membaca arah bola yang dikirim penggawa tuan rumah, tetapi laju cepat si kulit bundar gagal dihentikan oleh kiper Barito Putera. Kedudukan berubah menjadi 2-1.

Laskar Antasari mencoba tampil menekan jelang memasuki menit-menit akhir waktu normal. Akan tetapi, pertahanan Madura United nyatanya masih sulit ditembus oleh tim tamu. Barito Putera malah dipaksa bermain dengan 10 penggawa pada menit 87.

Renan Alves diganjar kartu kuning kedua oleh wasit lantaran mencoba melakukan sentuhan dengan tangan. Keunggulan jumlah pemain ini pun berhasil dimaksimalkan oleh Madura United. Laskar Sape Kerrab mencetak gol ketiga lewat aksi Dalberto yang memanfaaatkan umpan Jaja.

Madura United memantapkan keunggulan atas Barito Putera pada menit 90+7 Cisco Rivera memanfaatkan kesalahan di lini pertahanan Laskar Antasari untuk mencetak gol keempat timnya. Baritu sudah tak kuasa mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Laskar Antasari ditaklukkan 4-1 oleh Madura United.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain Madura United vs Barito Putera

Madura United: Lucas Frigeri; Novan Sasongko, Cleberson Martins, Fachruddin Aryanto, Dodi Alexvan Djin; Francisco Israel Rivera, Jacob Mahler, Jaja; Salim Tuharea, Dalberto, Malik Risaldi

Barito Putera: Ega Rizky Parama; Buyung Ismu Lessy, Carli de Murga, Renan Alves, Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi; Murilo Mendes, Mike Ott, Hasyim Kipuw, Rizky Pora; Gustavo Tocantins, Eksel Runtukahu

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan di BRI Liga 1 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.