Sukses

Alasan Mulia Bruno Fernandes Beri Tendangan Penalti ke Marcus Rashford saat Manchester United Hancurkan Everton

Kapten Manchester United Bruno Fernandes menjadi sorotan lantaran dirinya membiarkan Marcus Rashford mengambil tendangan penalti kala Setan Merah menang atas Everton dalam laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (26/11/2023). Belakangan terungkap, Fernandes punya alasan mulia di balik keputusan itu.

Liputan6.com, Jakarta Kapten Manchester United Bruno Fernandes menjadi sorotan usai membiarkan Marcus Rashford mengambil tendangan penalti kala Setan Merah menang atas Everton dalam laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (26/11/2023).

Pesepak bola asal Portgal sejatinya nyaris selalu menjadi eksekutor penalti reguler Manchester United musim ini. Akan tetapi, eks pemain Sporting CP justru mengizinkan Marcus Rashford mengambil alih tugas tersebut saat bertandang ke Goodison Park karena satu alasan mulia.

Dilansir dari Mirror, Bruno Fernandes menjelaskan keputusan tersebut diambil lantaran Rashford perlu mendapat suntikan kepercayaan diri. Penyerang asal Inggris itu memang tercatat baru mengoleksi 1 gol dan 1 assist di Liga Inggris sebelum bertandang ke Everton.

Barulah di pertandingan akhir pekan ini, Marcus Rashford berhasil menambah torehan golnya. Aksinya dari titik putih sukses mengoyak gawang Jordan Pickford sekaligus membuahkan angka kedua bagi MU di Goodison Park.

Adapun Manchester United pada akhirnya mengemas hasil dominan 3-0 atas tuan rumah. Gol perdana sebelumnya disumbangkan Alejandro Garnacho pada menit ketiga, sementara gol penutup menjadi milik Anthony Martial di 15 menit akhir waktu normal.

Capaian tersebut melanjutkan tren positif Setan Merah yang telah mengoleksi 3 kemenangan beruntun di Liga Inggris sejak terakhir kali kalah dari rival sekotanya Manchester City pada akhir Oktober lalu. Setan Merah kini bertengger di urutan 6 klasemen dengan torehan 24 poin dari 13 laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Bruno Fernandes

Meski tak menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan kontra Everton, kapten Bruno Fernandes tetap menuai sorotan dari sejumlah pihak.

Hal ini lantaran dia merelakan tendangan penalti diambil oleh Marcus Rashford setelah Anthony Martial dilanggar oleh Ashley Young di kotak terlarang.

"Saya merasa Marcus memerlukan sedikit kepercayaan diri, dan karena Marcus juga merupakan eksekutor penalti yang hebat, saya 100 persen yakin dia bisa mencetak gol dari penalti itu," ujar Fernandes mengungkap alasannya membiarkan Rashford menjadi eksekutor.

"Ini bukan soal siapa yang mengambil tendangan penalti, melainkan soal mencetak penalti. Dan Marcus mampu melakukannya dengan sempurna," tambah kapten MU kepada Sky Sports, sebagaimana dilansir dari Mirror.

3 dari 4 halaman

Butuh Mencetak Gol

Lebih lanjut, Bruno Fernandes juga mengaku maklum bahwa striker dan winger pada dasarnya punya kebutuhan untuk mencetak gol demi mendongkrak kepercayaan diri.

Kapten Manchester United itu pun optimistis Marcus Rashford bisa bersinar setelah menambah torehan golnya dalam pertandingan melawan Everton.

"Tentu saja striker dan winger ingin mencetak gol, mereka butuh mencetak gol. Itu adalah bagian dari permainan mereka dan itu akan memberi lebih banyak dorongan (kepercayaan diri)," ujar Fernandes.

"Saya pikir setelah penalti ini, Marcus tidak bisa dihentikan. Dia bakal mampu menghadapi siapa saja. Jadi menurut saya, terkadang seseorang memang butuh kesempatan semacam ini, kesempatan untuk mendapatkan kembali kepercayaan. Namun (terlepas dari itu), Marcus sudah bermain bagus untuk kami," tambah dia.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.