Sukses

Hasil Livoli Divisi Utama 2023: Kalahkan Gresik Petrokimia, Popsivo Polwan Juara Putaran Reguler Kedua

Popsivo Polwan juara Pul DD putaran reguler kedua Livoli Divisi Utama 2023 usai mengalahkan Gresik Petrokimia pada laga final di GOR Ki Mageti, Magetan, Sabtu, 18 November.

Liputan6.com, Jakarta - Popsivo Polwan menjuarai Pul DD putaran reguler kedua Livoli Divisi Utama 2023. Hasil itu didapat usai Arsela Nuari cs mengalahkan Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia dengan skor 3-2 (19-25, 25-13, 25-16, 12-25, 15-11) pada partai final di GOR Ki Mageti, Magetan, Sabtu (18/11) malam WIB.

Laga final berjalan dengan ketat. Sempat unggul pada set pertama, Petrokimia Gresik harus mengakui keunggulan Popsivo Polwan di dua set berikutnya.

Namun, Petrokimia bangkit pada set keempat dan menang dengan skor mencolok. Tapi, Popsivo Polwan membalas di set kelima atau penentuan dengan laga yang berlangsung sengit.

"Anak-anak terlalu lelah set keempat karena staminanya menurun," kata pelatih Popsivo Polwan Reidel Alfonzo Gonzales Toiran seusai laga. "Kondisi anak-anak sudah pulih dan bisa bermain normal pada set kelima."

Sementara itu, pelatih Petrokimia Gresik Pedro Lilipali mengatakan tim asuhannya pada set kedua dan ketiga banyak melakukan kesalahan di receave. "Sehingga Popsivo banyak dapat poin di set dua dan tiga," papar mantan pemain timnas Indonesia itu.

"Makanya pada set keempat saya ubah komposisi pemain dan ternyata berhasil," ungkapnya.

Selain piala, Popsivo Polwan menerima hadiah uang pembinaan Rp 20 juta. Sementara Petrokimia Gresik menerima hadiah uang pembinaan Rp 15 juta.

Popsivo Polwan dan Petrokimia Putra akan kembali berlaga pada final four Livoli Divisi Utama. Babak ini akan berlangsung di GOR Joyoboyo, Kediri, 1-10 Desember 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bank Jatim Bertahan di Livoli Divisi Utama

Tim putri Bank Jatim terhindar dari degradasi ke Livoli Divisi I. Ini setelah juara bertahan mengalahkan Bharata Muda 3-1(25-17, 25-22, 18-25, 25-22) pada laga perebutan tempat ketiga putaran reguler kedua Livoli Divisi Utama 2023 di GOR Ki Mageti, Magetan, Sabtu (18/11).

Asisten pelatih Bank Jatim Kiki Irianti bersyukur atas keberhasilan timnya tetap bertahan di Livoli Divisi Utama. "Kami bersyukur berhasil terhindar dari degradasi Livoli Divisi Utama," katanya.

"Pertandingan melawan Bharata Muda berjalan cukup ketat. Meski kami kehilangan set ketiga, pertarungan di set kedua dan keempat sangat sengit," imbuhnya

Sejak pertama kali tampil pada 2008, Bank Jatim tidak pernah terdegradasi ke Livoli Divisi I. Prestasinya sebagai kolektor gelar juara Livoli Divisi Utama terbanyak, yakni sembilan, membuat Bank Jatim menjadi tim yang sulit dikalahkan.

Sementara itu, asisten pelatih Bharata Muda Indra Wahyudi mengakui para pemainnya masih kurang konsisten dalam pertandingan melawan Bank Jatim. Karena, timnya didominasi pemain muda yang masih kurang pengalaman. Rata-rata pemainnya masih junior.

"Hampir semua pemain kami masih berusia belasan tahun. Hanya ada satu pemain yang berumur 33 tahun dan satu pemain berusia 22 tahun. Pemain lainnya masih junior semua. Mereka membutuhkan waktu untuk tampil konsisten. Kami akan berjuang lagi tahun depan untuk kembali ke Livoli Divisi Utama," ujar mantan libero ini.

Sebagai peringkat ketiga, Bank Jatim menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 12,5 juta. Untuk Bharata Muda yang finis keempat, menerima Rp 10 juta.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Final Livoli Divisi Utama 2023

Minggu, 19 November 2023

16:00 WIB: Berlian Bank Jateng vs DPUPR Rafabinar Semen Grobogan (pa 3-4)

19:00 WIB: Indomaret vs PDAM Tirta Bhagasasi (pa 1-2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.