Sukses

Persaingan Unik Grup C Piala Dunia U-17, Inggris Bisa Bikin Brasil Cuma Jadi Peringkat 3 Terbaik

Timnas Inggris akan menghadapi Brasil pada laga terakhir grup C yang menentukan posisi kelolosan ke-16 besar nanti. Bila imbang atau menang, Inggris bikin Brasil jadi peringkat ketiga terbaik saja dan bakal hadapi lawan berat di 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di grup C Piala Dunia U-17 2023 menjadi salah satu yang paling seru dibandingkan grup lain. Inggris sudah memastikan lolos ke-16 besar Piala Dunia U-17 2023 usai mengalahkan Iran 2-1.

Inggris terhindar dari kejutan Iran. Setelah mengalahkan Brasil 3-2 di laga pertama grup C Piala Dunia U-17, Iran seperti bakal mengulanginya saat Abolfazi Zamani mencetak gol di menit ke-31.

Namun Timnas Inggris tetap tenang dan akhirnya mencetak gol penyeimbang di menit ke-63 lewat Ress-Alexander Russel. Inggris harus memastikan kemenangan sekaligus kelolosan ke-16 lewat goel Joel Ndalla di menit ke-90.

Kemenangan ini membuat Inggris untuk sementara berhasil memuncaki klasemen grup C dengan 6 poin. Produktivitas gol Inggris juga tinggi yaitu cetak 12 gol dan kebobolan 1 gol saja.

Di laga terakhir, Inggris akan menghadapi Brasil pada laga penentuan grup C Piala Dunia U-17. Laga yang berlangsun 17 November 2023 pukul 19.00 WIB di JIS itu akan menentukan apakah Brasil bisa lolos otomatis atau jadi peringkat 3 terbaik saja.

Yang unik, produktivitas gol bisa menjadi "penentu" puncak klasemen dan kelolosan Brasil. Soalnya grup C memiliki lumbung gol yaitu Keledonia Baru.

Negara yang terletak di antara Australia dan Selandia Baru itu sudah kebobolan 19 gol di dua laga. Timnas Inggris U-17 yang mempermak mereka dengan 10 gol di laga pertama, dilanjutkan oleh Brasil yang menang 9-0 di laga kedua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Iran Terbantu Lawan Ringan di Laga Terakhir

 

Kondisi di atas inilah yang menguntungkan Iran. Negeri Asia Tengah itu bakal menghadapi Kaledonia Baru yang bisa jadi lumbung gol lagi.

Iran harus mencetak banyak gol karena persaingan di grup C cukup unik. Siapapun yang produktivitas golnya terbaik bisa jadi pemuncak klasemen.

Ini dengan catatan Inggris kalah dari Brasil dengan skor cukup telak. Soalnya, produktivitas gol Brasil masih tertinggal dari Inggris.

 

3 dari 5 halaman

Brasil Cuma Jadi Peringkat Ketiga Terbaik?

 

Inggris diprediksi bakal tetap serius menghadapi Brasil. Inggris bakal tetap mengincar kemenangan, meski potensi hasil imbang bisa terjadi di laga ini.

Hasil imbang bakal memastikan Brasil jadi peringkat ketiga terbaik. Itu kalau Iran kalahkan Kaledonia Baru dengan skor berapapun.

Ini harus dihindari Brasil karena mereka bakal jumpa Spanyol di 16 besar Piala Dunia U-17 nanti. Jadi bagaimana hasilnya?

 

4 dari 5 halaman

Brasil Langsung Pantau Permainan Inggris

 

Pasca kemenangan atas Kaledonia Baru, Timnas Brasil U-17 tak menghabiskan waktu terlalu lama untuk merayakan kemenangan.

Pasukan Phelipe Leal langsung mengalihkan fokus ke laga ketiga kontra Inggris. Mereka bahkan sudah memulai persiapan dengan lanjut menonton laga Inggris vs Iran di Jakarta International Stadium pada Selasa (14/11/2023).

"Ya, kami akan tinggal untuk menonton pertandingan (Inggris vs Iran)," ujar Phelipe Leal saat ditemui awak media di mixed zone selepas laga kontra Kaledonia Baru

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup C Piala Dunia U-17 2023

Klasemen Grup C

 Urutan  Negara   Main   Menang  Imbang   Kalah    Gol   Poin 
 1.  Inggris  2  2  0  0  12-1  6
 2.   Brasil  2  1  0  1  11-3  3
 3.   Iran   2  1  0  1  4-4  3
 4.   Kaledonia Baru   2  0  0  2  0-19  0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.