Sukses

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia Resmi Bergulir, Sederet Sejarah pun Tercipta

Sejarah tercipta di Piala Dunia U-17 2023 yang mulai bergulir sejak Jumat (10/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia U-17 2023 mulai bergulir pada Jumat (10/11/2023). Indonesia yang menjadi tuan rumah, berhasil memetik satu poin dari laga perdananya di grup A.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Timnas Indonesia U-17 mampu menahan tim unggulan Ekuador dengan skor 1-1. Dalam laga ini, Garuda Asia besutan Bima Sakti bahkan sempat memimpin lewat Arkhan Kaka pada menit ke-22.

Ini jadi gol pertama Indonesia di babak utama turnamen resmi FIFA. Sayang keunggulan Garuda Asia tidak bertahan lama. Selang enam menit, gawang Indonesia kebobolan. Tandukan Allen Obando pada menit ke-28 mengubah kedudukan jadi 1-1.

Indonesia tampil bertahan di babak kedua. Meski mendapat serangan bertubi-tubi, Garuda Asia berhasil mempertahankan skor imbang hingga pertandingan selesai.

Dengan hasil ini, Indonesia dan Ekuador sama-sama berbagi satu poin. Selanjutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Panama di lokasi yang sama, 13 November 2023. Sedangkan Ekuador akan menjajal timnas Maroko di hari dan tempat yang sama.

Sementara itu, pada pertandingan lainnya, timnas Spanyol U-17 menang 2-0 atas Kanada di Stadion Manahan, Solo. Dua gol Tim Matador Muda dicetak oleh Marc Guiu pada menit ke-20 dan Quim Junyent Casanova pada menit ke-26. Dalam laga ini, Kanada kehilangan Alessandro Simone Biello akibat kartu merah menit ke-38.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 Menit Bersejarah di Surabaya

Piala Dunia U-17 2023 digelar di empat kota, yakni Surabaya, Solo, Jakarta, dan Bandung. Pembukaan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) dan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Presiden FIFA, Gianni Infantino yang baru diberi gelar kehormatan Bintang Jasa Pratama di Istana Negara.

Opening ceremony berlangsung singkat yang ditandai dengan hiburan berupa permainan lampu, modern dance, dan duet dua artis ternama Indonesia, Aurelie Moeremans dan Wika Salim. Meski hanya delapan menit, 40 ribu penonton yang hadir ikut terhibur akan sajian yang dikreasikan oleh Wishnutama Kusubandio.

Piala Dunia U-17 2023 menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia. Sebab untuk kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA setelah sempat gagal menyelenggarakan Piala Dunia U-20.

 

3 dari 4 halaman

Sejarah, VAR Pertama Kali Digunakan di Indonesia

Pada Piala Dunia U-17 2023 juga menjadi momen pertama kali VAR digunakan di Indonesia. Piala Dunia U-17 mendahului BRI Liga 1 yang memang berencana menggunakan VAR pada putaran kedua kompetisi atau tahun depan.

Momen penggunaan VAR itu terjadi pada menit ke-68. Saat itu, terlihat Ibrahim Kanate dijatuhkan pemain Uzbekistan, Bekhruz Jumatov, di area teralarang.

Namun, wasit asal Uruguay, Gustavo Tajera, tak menganggap hal itu sebagai pelanggaran. Namun belakangan, Tajera kemudian mendapatkan pemberitahuan dari tim VAR yang berada di salah satu sudut Stadion Manahan.

Gustavo Tajera kemudian ingin melihat sendiri tayangan ulang kejadian pelanggaran itu. Namun, sang wasit sempat mengalami kendala.

Tajera sempat tertahan hampir dua menit untuk menanti tayangan muncul di layar monitor VAR. Setelah melihat dengan seksama, wasit kemudian memberikan hadiah penalti kepada Mali. Penalti itu dieksekusi dengan baik Mamadou Doumbia pada menit ke-72.

Menariknya, momen VAR Itu bukan yang pertama terjadi pada laga tersebut. Ada satu VAR lagi yang terjadi beberapa menit kemudian.

Mamadou Doumbia sempat mencetak gol ketiga untuk Mali pada menit ke-75. Gol itu pun tampak tidak ada yang salah.

Namun, wasit lagi-lagi berkomunikasi dengan tim VAR. Menariknya, pertandingan sempat tertunda selama kurang lebih lima menit untuk memastikan tidak ada pelanggaran dalam proses terciptanya gol itu.

Mali berhasil menang 3-0 atas Uzbekistan U-17 di Piala Dunia U-17. Mamadou Doumbia juga menjadi pencetak hattrick pertama di Piala Dunia U-17.

 

4 dari 4 halaman

Hasil dan Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 2023 Indonesia akan berlangsung hingga 2 Desember 2023. Sebanyak 24 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah ikut ambil bagian pada kejuaraan ini.

 

Berikut adalah hasil lengkap pertandingan Piala Dunia U-17 2023, Jumat (10/11/2023):

Grup A:

Panama vs Maroko : 0-2

Indonesia vs Ekuador: 1-1

 

Grup B

Mali vs Uzbekistan: 3-0

Spanyol vs Kanada: 2-0

 

Untuk jadwal lengkap Piala Dunia U-17 2023 bisa Anda dapatkan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.