Sukses

Hasil Latihan MotoGP Malaysia 2023: Sempat Diganggu Jorge Martin, Alex Marquez Rebut Predikat Tercepat

Pembalap Gresini Ducati Alex Marquez sukses menjadi yang tercepat dalam sesi latihan alias Practice MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada Jumat (10/11/2023) siang WIB. Ia finis dengan catatan waktu terbaik 1 menit 57,823 detik, di atas Jorge Martin dan Jack Miller yang melengkapi 3 besar.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Gresini Ducati Alex Marquez sukses menjadi yang tercepat dalam sesi latihan alias Practice MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang pada Jumat (10/11/2023) siang WIB. Ia finis dengan catatan waktu terbaik 1 menit 57,823 detik, di atas Jorge Martin dan Jack Miller yang melengkapi 3 besar.

Nasib berbeda dialami oleh saudaranya, Marc Marquez. Meski sempat tampil menjanjikan di awal latihan, rider Repsol Honda itu pada akhirnya gagal tembus ke kualifikasi 2 setelah menempati urutan 15 dengan selisih waktu 0,965 detik dari sang adik.

Menilik jalannya practice, Marc Marquez sejatinya berhasil membuat kejutan di 5 menit pertama sesi pada Jumat (10/11/2023). Pembalap yang pernah meraih enam gelar juara dunia MotoGP itu memimpin latihan dengan catatan waktu terbaik 1 menit 59,515 detik, disusul Alex Marquez.

Sayangnya, situasi itu tak bertahan lama. Posisi Marc Marquez dengan cepat direbut oleh Alex yang gantian menghuni tempat terdepan setelah menorehkan waktu 1 menit 58,705 diikuti sang kakak dan Fabio Quartararo yang melengkapi tiga besar.

Marquez bersaudara semula masih mampu mempertahankan posisi dua besar hingga 20 menit pertama sesi practice. Namun, Jorge Martin membuat kejutan tak lama berselang dengan merangsek ke urutan teratas setelah menorehkan catatan waktu terbaik 1 menit 58,523 detik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalannya 30 Menit Akhir Sesi Practice

Tak ada perubahan signifikan yang terjadi memasuki 30 menit akhir sesi practice. Jorge Martin masih memimpin barisan, diikuti duo bersaudara Alex Marquez dan Marc Maqruez yang menghuni tiga besar.

Di sisi lain, juara dunia musim lalu, Francesco Bagnaia justru kesulitan menembus top five hingga latihan MotoGP Malaysia menyisakan 20 menit. Ia terkunci di urutan 9 diikuti Fabio Di Giannantonio yang melengkapi 10 besar.

Kejutan baru terjadi mendekati 10 menit akhir sesi practice. Alex dan Marc Marquez yang perkasa sejak awal berhamburan ke urutan 6 dan 8. Nasib serupa juga dialami Jorge Martin yang turun ke tempat ketiga. Brad Binder dan Fabio Quartararo lantas gantian menghuni top four di titik ini.

Menariknya, adik Marc Marquez tak membiarkan dirinya lama-lama terpuruk. Alex merangsek lagi ke atas dengan catatan waktu 1 menit 28,227 detik, sementara sang kakak sudah terlempar ke urutan 10 dengan selisih waktu 0,776 detik.

Alex Marquez bertahan menjadi yang tercepat hingga akhir kualifikasi, meski sempat nyaris ditikung oleh Jorge Marin. Sementara itu, Marc Marquez yang tampil menjanjikan di awal justru gagal menembus kualifikasi 2 lantaran finis di urutan 15.

3 dari 3 halaman

Hasil Practice MotoGP Malaysia 2023

1. Alex Marquez - Gresini Racing - Ducati

2. Jorge Martin - Prima Pramac Racing - Ducati

3. Jack Miller - Red Bull KTM Factory Racing - KTM

4. Brad Binder - Red Bull KTM Factory Racing - KTM

5. Maverick Vinales - Aprilia Racing - Aprilia

6. Luca Marini - Mooney VR46 Racing Team - Ducati

7. Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha - Yamaha

8. Pecco Bagnaia - Ducati Lenovo Team - Ducati

9. Marco Bezzecchi - Mooney VR46 Racing Team - Ducati

10. Johann Zarco - Prima Pramac Racing - Ducati11. Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha - Yamaha

12. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team - Ducati

13. Augusto Fernandez - GASGAS Factory Racing Tech 3 - GASGAS

14. Fabio di Giannantonio - Gresini Racing - Ducati

15. Marc Marquez - Repsol Honda - Honda

16. Joan Mir - Repsol Honda - Honda

17. Pol Espargaro - GASGAS Factory Racing Tech 3 - GASGAS

18. Raul Fernandez - CryptoDATA RNF - Aprilia

19. Miguel Oliveira - CryptoDATA RNF - Aprilia

20. Aleix Espargaro - Aprilia Racing - Aprilia

21. Takaaki Nakagami - LCR Honda Idemitsu - Honda

22. Alvaro Bautista - Aruba.it Racing Ducati - Ducati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.