Sukses

Marcel Sabitzer Ungkap 3 Sosok Pemimpin di Ruang Ganti Manchester United, Bruno Fernandes Tak Masuk

Eks pemain pinjaman Manchester United Marcel Sabtizer mengungkap tiga sosok kunci yang menjadi pemimpin di ruang ganti Setan Merah. Menariknya, nama kapten MU Bruno Fernandes justru tak masuk dalam daftar yang disebut Sabtizer.

Liputan6.com, Jakarta Eks pemain pinjaman Manchester United Marcel Sabitzer mengungkap tiga sosok kunci yang menjadi pemimpin di ruang ganti Setan Merah. Menariknya, nama kapten MU Bruno Fernandes justru tak masuk dalam daftar yang disebut Sabtizer.

Sekadar informasi, pemain internasional Austria memang sempat menghabiskan waktu setengah musim di Manchester United dengan status pinjaman. Pesepak bola berusia 29 tahun didatangkan dari Bayern Munchen pada Januari 2023, sebelum pindah secara permanen ke Borussia Dortmund musim panas ini.

Bersama Setan Merah, Sabtizer sanggup mengoleksi total 18 penampilan di semua ajang, mulai dari Liga Inggris, Piala FA, Liga Europa, hingga Carabao Cup. Dia juga memberi kontribusi bagi tim dengan melesakkan 3 gol dan 1 assists.

Belakangan Sabitzer pun mengungkap pengalamannya selama menjalani masa pinjaman di Old Trafford. Ia mengaku punya kesan positif terhadap Manchester United dan masih berkontak dengan sejumlah pemain Setan Merah.

Bintang Borussia Dortmund juga sempat menyebut tiga penggawa kunci yang menjadi sosok penting di ruang ganti Manchester United. Bukan Bruno Fernandes, justru Casemiro, Luke Shaw, dan Lisandro Martinez dinilai sebagai pembangun struktur serta stabilitas skuad Setan Merah.

"Casemiro, Luke Shaw, dan Lisandro Martinez adalah pemimpin yang memberi struktur serta stabilitas dalam tim," ujar Sabitzer dalam wawancaranya pasca pindah permanen ke Borussia Dortmund.

"Erik ten Hag biasanya selalu menyiapkan game plan dan pola permainan yang sangat spesifik. Namun, jika (MU) kehilangan terlalu banyak pemain pentingnya dan melakukan perubahan besar, akan tercipta kebingungan antara papan taktik dan (situasi) di lapangan," sambungnya, seperti dilansir dari Mirror.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bruno Fernandes Tuai Kritik

Sebagaimana diketahui, Bruno Fernandes belum lama mengemban tanggung jawab sebagai kapten Manchester United. Dia baru saja didapuk menjadi pemimpin skuad setelah bek Inggris Harry Maguire dilucuti dari jabatannya.

Sayangnya, posisi Fernandes sebagai kapten belakangan justru menuai banyak kritik. Salah satunya bersumber dari mantan pemain Setan Merah Roy Keane yang menilai sikap pemain internasional Portugal sering kali bertentangan dengan karakteristik kapten.

Hari ini setelah melihatnya lagi, saya akan melepas jabatan kapten darinya 100 persen. Saya tahu ini adalah keputusan besar, jelas mereka mengganti jabatan kapten dengan Maguire, tetapi Fernandes bukanlah kapten yang material," kata Roy Keane.

"Dia (Fernandes) adalah pemain bertalenta, tidak diragukan lagi. Tapi, apa yang saya lihat hari ini, dan yang telah kita diskusikan berkali-kali sebelumnya, dia terus saja mengeluh, mengerang, dan mengangkat tangannya ke udara. Ini benar-benar tidak bisa diterima," ujar Keane soal sikap Fernandes.

"Fernandes adalah pesepak bola yang cemerlang. Namun dalam hal menjadi kapten, (sikapnya) berlawanan dengan karakteristik yang saya harapkan dari seorang kapten," sambung eks pemain MU yang juga pernah mengenakan ban kapten itu.

 

3 dari 4 halaman

Sumbang Gol Penting untuk MU

Terlepas dari kritik yang dilayangkan Keane, Bruno Fernandes baru saja menjadi sosok penting bagi Manchester United di laga kontra Fulham. Dia menyumbang gol semata wayang kala Setan Merah bertandang ke Craven Cottage pada Sabtu (4/11/2023) lalu, yang mengantar MU menang -0 atas tuan rumah.

Pelatih Manchester United Erik ten Hag pun mengaku senang dengan pencapaian sang kapten akhir pekan lalu. Menurutnya, Fernandes sudah melakukan tugas dengan baik, sehingga tak layak dicopot dari jabatan kapten.

"Saya tidak mengerti mengapa ada orang yang ingin ban kapten Fernandes dicopot. Semua orang bisa melakukan kesalahan, tidak ada yang sempurna. Namun, Fernandes banyak melakukan hal bagus," kata Ten Hag selepas kemenangan timnya, seperti dikutip dari Metro.

"Dia selalu menunjukkan itu semua sebagai kapten dan dia bisa jadi contoh. Seperti yang Anda lihat hari ini, bagaimana dia bekerja, dia terus menekan dan pada akhirnya dia menjadi pencetak gol. Dia benar-benar penting buat kami," sambung juru taktik asal Belanda.

 

4 dari 4 halaman

Posisi MU Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.