Sukses

Didukung Legenda Bulu Tangkis Indonesia, Mantan Kasad Jendral Dudung Siap Pimpin PBSI

Dudung mendapat dukungan dari legenda bulutangkis dan pengurus Pengprov agar mau memimpin PBSI pada periode selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta- Buruknya prestasi bulu tangkis Indonesia akhir-akhir ini membuat kepengurusan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mulai digoyang. Sejumlah Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI menyampaikan dukungannya kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman untuk menjadi ketua umum PP PBSI periode selanjutnya.

Dukungan untuk Dudung memimpin PBSI disampaikan di sela-sela kegiatan Mabes TNI AD saat menggandeng PBSI dalam menggelar partai-partai eksibisi menjelang Kasad Cup Badminton 2023 di GBK Arena, Jakarta, Minggu (29/10/2023).

Rangkaian laga eksibisi tersebut melibatkan para peserta dari jajaran petinggi TNI. Di antaranya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Kasad Cup 2023 ini sendiri merupakan gagasan dari Dudung.

Tak cuma pengurus Pengprov, beberapa legenda juga mendukung Dudung memimpin PBSI. Mereka ingin bulu tangkis Indonesia bisa segera bangkit setelah terpuruk tanpa membawa pulang medali sama sekali di Asian Games 2022 yang baru saja beres di Hangzhou.

Perwakilan Pengprov PBSI Bali I Wayan Winurjaya menilai perhatian Dudung terhadap bulu tangkis Indonesia telah memberikan angin segar. Secara khusus, ia melihat karakter Dudung yang merupakan petinggi militer memiliki jiwa kepemimpinan yang dibutuhkan PBSI saat ini.

"Kami kan lihat banyak dari tentara pernah memimpin PBSI, ada Pak Wiranto, Pak Joko Santoso. Nah sekarang ada pak Dudung, yang pernah berbuat nyata juga di dunia olahraga. Kami di Pengprov, melihat figur Pak Dudung salah satu yang cocok untuk suksesi 2024 karena kami lihat pesta olahraga khususnya turnamen bulu tangkis 2024 ini kan ramai ya. Untuk itu kami kini posisinya mendukung Pak Dudung," kata Wayan.

Perwakilan Pengprov Sulawesi Selatan Devo Khaddafi berterimakasih kepada Dudung atas gelaran Kasad Cup 2023 ini. Devo mengungkapkan, saat ini masyarakat di daerah terus mengarahkan pertanyaan kepada para pengurus Pengprov PBSI terkait penurunan prestasi bulu tangkis nasional.

"Bulu tangkis kita seperti ditampar karena catatan di Asian Games kemarin. Jadi kami harap Pak Dudung yang punya niatan baik untuk bulu tangkis Indonesia ini bisa kami dukung untuk membantu bulu tangkis Indonesia," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Legenda Bulu Tangkis

Devo menjelaskan, Munas PP PBSI baru akan digelar pada Desember 2024. Namun, itu bisa dipercepat enam bulan menjadi Munaslub bila disepakati oleh seluruh pengurus. "Kami ingin lihat dulu langkah konkret PBSI Pusat dalam dua-tiga bulan ke depan bagaimana karena sudah mau Olimpiade 2024. Tapi memang, sekarang PBSI perlu banyak evaluasi," kata dia.

Legenda bulu tangkis Indonesia Joko Suprianto juga mendukung Dudung untuk maju memimpin PBSI. "Kami para legenda ini rutin berkumpul setiap minggu. Kami merasa ada yg perli dibenahi secepatnya bukan cuma evaluasi-evaluasi saja. Prestasi mengalami penurunan yang menjadi perhatian kita," ujar Joko.

Beberapa legenda bulu tangkis yang hadir dalam acara eksibisi menjelang Kasad Cup Badminton 2023 selain Joko antara lain Susy Susanti, Rudi Hartono, Yuni Kartika, Alvent Yulianto, Marleve Mainaky hingga Luluk Hadiyanto.

"Jadi kenapa Pak Dudung ini yang kita dorong? Menurut saya, kita butuh Pak Dudung yang satset, kerjanya selama di TNI itu gerak cepat. Semoga bisa membenahi PBSI dengan cepat. Keyakinan saya, kalau ada hal yang baik itu kan yang perlu disegerakan. Mudah-mudahan kejayaan akan kembali lagi oleh Pak Dudung," kata Joko menambahkan.

3 dari 3 halaman

Dudung Siap Maju Pimpin PBSI

Menanggapi permintaan para pengprov dan mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Dudung menyatakan siap maju memimpin PBSI pada periode selanjutnya.

"Kalau saya dicalonkan, prinsip saya sebagai prajurit, kalau demi bangsa dan negara tidak pernah saya minggir," kata Dudung.

"Terlepas dalam karier nanti saya jadi apa, tapi kalau dicalonkan jadi Ketum PBSI, saya siap. Bagi saya, prajurit harus siap, demi Indonesia bangkit dan Indonesia maju. Bulu tangkis Indonesia harus ditakuti lagi," lanjut Dudung.

Sementara itu Susy Susanti menyatakan sangat mengapresiasi kecintaan Dudung pada bulu tangkis. Susy berharap Dudung bisa memberikan dampak baik bagi kebangkitan bulu tangkis Indonesia.

"Bagi kami mantan atlet atau legend, kecintaan Pak Dudung ke bulu tangkis melalui KSAD Cup ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi bultang Indonesia," kata dia.

Dudung sempat unjuk kebolehan main bulu tangkis di laga persahabatan. Berpasangan dengan Alvent, Dudung mampu memenangkan pertandingan melawan pasangan Firli Bahuri dan Marleve dengan rubber game.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini