Sukses

Kecewa Berat, Jurgen Klopp Minta Duel Tottenham vs Liverpool Diulang

Jurgen Klopp berkomentar usai PGMOL selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Liverpool Jurgen Klopp akhirnya berbicara untuk pertama kalinya sejak PGMOL merilis audio VAR gol Luis Diaz yang dianulir wasit pada pertandingan lawan Tottenham di Liga Inggris.

Liverpool berkunjung ke markas Tottenham di pekan ketujuh Liga Inggris 2023/2024, Sabtu lalu (30/09/2023). Bertanding di Tottenham Hotspur Stadium, The Reds takluk dengan skor 1-2.

Pada pertandingan tersebut, gol Diaz dianulir karena offside. Namun, sejak keputusan kontroversial itu, PGMOL dan VAR mendapat banyak kritik atas penanganan situasi tersebut.

Pada Selasa malam lalu, audio VAR dirilis ke publik untuk pertama kalinya. Dan, Klopp langsung bereaksi terhadap audio tersebut.

"Audionya tidak mengubahnya sama sekali, saya tidak tertarik dengan apa yang terjadi karena saya melihat hasilnya, kami mencetak gol dan itu tidak masuk hitungan," kata Klopp pada wartawan menjelang pertandingan Liga Europa Liverpool melawan Union Saint-Gilloise.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Klopp Minta Pertandingan Lawan Tottenham Diulang

“Sangat penting bagi kita untuk menangani hal ini dengan cara yang tepat, sama pentingnya dengan sepak bola, wasit, hakim garis, VR tidak melakukan hal ini," katanya.

“Sebagai manajer Liverpool, saya ingin tayangan ulang, argumen yang menentang hal ini adalah semua orang kini akan menuntut hal ini, namun situasinya belum pernah terjadi sebelumnya. Saya rasa hal itu tidak akan terjadi," ujar Klopp.

"Saya pikir pertandingan ulang adalah hal yang benar untuk dilakukan, atau wasit mempertemukan kedua manajer saat itu. Masalahnya adalah Spurs kemudian mencetak gol, tapi itu pandangan saya...Sejauh yang saya ingat, hal seperti itu tidak pernah terjadi." terjadi, itu sebabnya saya pikir tayangan ulang harus diputar."

3 dari 5 halaman

Kesalahan yang Tak Boleh Terjadi Lagi

Berbicara tentang VAR secara umum, Klopp menambahkan: "Kata-katanya, jelas dan jelas, bukanlah kata-kata yang tepat. Hal-hal seperti ini tidak boleh terjadi. Kesalahan lain tidak boleh terjadi. Temukan solusi untuk mengatasinya. Kami mempercepatnya dan kami mendapatkan solusinya." keputusan cepat, tapi keputusan yang salah."

"Masalahnya jelas, tapi bisa diselesaikan. Kita harus mencoba menciptakan situasi di mana orang-orang ini bisa membuat keputusan terbaik."

4 dari 5 halaman

Dua Wasit VAR Liga Inggris Terpaksa Diistirahatkan

Dua wasit VAR Liga Inggris, Darren England dan Dan Cook diistirahatkan sebagai buntut dari blunder yang mereka perbuat dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool di Premier League akhir pekan lalu.

Keduanya didapati salah membuat keputusan dengan menganulir gol pembuka Luis Diaz akibat dinilai offside di babak pertama, sehingga berbuntut pada kalahnya Liverpool dengan skor akhir 1-2, Sabtu (30/9/2023) lalu.

5 dari 5 halaman

PGMOL Nilai Kesalahan Tersebut Merupakan Human Error

Belakangan, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) selaku badan yang mengurusi masalah perwasitan sepak bola profesional Inggris mengakui adanya kekeliruan keputusan dalam laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Diaz memang on side, sehingga gol pembukanya di babak pertama sejatinya dihitung sah. PGMOL melalui pernyataan resminya pun mengklaim kesalahan tersebut merupakan human error signifikan. Mereka juga menyayangkan VAR yang gagal memberi intervensi secara tepat di tengah laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.