Sukses

Program ASEAN Sporta Zone, Situ Cipondoh Tangerang Dilengkapi Alat Fitnes Gratis dari Cina

Liputan6.com, Jakarta China bersama negara ASEAN jalin kerjasama di bidang olahraga yang disebut ASEAN Sport Zone (ASZ). Sebagai bentuk implementasi kerjasama bidang olahraga, Cina menghibahkan belasan alat fitnes lengkap rekreasi di kawasan Situ Cipondoh, Kota Tangerang.

"Ditempatkan di tempat wisata supaya menstimulus masyarakat untuk meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga dalam meningkatkan kebugaran tubuh," kata Raden Isnata, Deputi 2 Kemenpora selaku Senior Official Meeting on Sports (SOMS Leader Indonesia), Minggu (17/9/2023).

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu Program Prioritas olahraga ASEAN, yaitu promosi gaya hidup sehat melalui aktivitas fisik dan olahraga. Pemerintah China memberikan hibah sarana olahraga fitness outdoor kepada seluruh anggota ASEAN, untuk tahap pertama di tahun ini Indonesia dan Kamboja yang mendapatkan hibah.

Untuk Indonesia, di kawasan wisata Situ Cipondoh ini terdapat 12 jenis alat fitness yang sudah terpasang. Diantaranya untuk meningkatkan kekuatan berbagai anggota tubuh seperti tangan, kaki, perut, dan sebagainya.

"Agar badan bisa punya power, banyak unsur fisik penting, lari boleh, jalan sehat boleh kalau itu untuk daya tahan. Tapi badan harus punya power untuk bisa lebih kuat, lebih bugar makanya disediakan juga alat fitness ini," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Ikut Dukung Program Sports Tourism

Sarana hibah tersebut sengaja diletakan di area umum dan wisata, dengan harapan dapat menstimulus masyarakat untuk meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga dalam meningkatkan kebugaran. Terlebih, saat ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menggalakkan program Sports Tourism.

"Kita tempatkan pertama di sebuah tempat wisata danau situ Cipondoh, agar bisa berolahraga dan berwisata atau Sports Tourism, sehingga masyarakat bisa sekaligus berwisata, berolahraga, dan berinteraksi sosial," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.