Sukses

Hitung Mundur PON 2024 Digelar 17 September 2023, Ada Lomba Lari

PON 2024 akan berlangsung pada 8 September 2024. Hitung mundur secara resmi diadakan 17 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Tak terasa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 setahun lagi akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. PON 2024 rencananya akan dibuka pada tanggal 8 September di Aceh oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup di Sumut oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Waktu yang semakin dekat membuat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama TNI Angkatan Darat dan didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar hitung mundur (countdown) satu tahun PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024, yang mana juga sekaligus merayakan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40.

Hitung Mundur PON 2024 ini akan digelar 17 September 2023 pada pukul 06.00 WIB di kawasan Senayan, Jakarta. Kegiatan ini juga diwaranai dengan lomba lari atau Fun Run sejauh lima kilometer.

“Menyongsong PON ke XXI Tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara, KONI Pusat pada tanggal 17 September 2023 Pukul 06.00 WIB, menyelenggarakan Fun Run sejauh 5km Sekaligus Countdown,” jelas Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano pada Rabu 13 September 2023 di Kantor KONI Pusat Senayan.

“Countdown ini nanti akan diresmikan oleh Menpora Mas Dito Ariotedjo dan hadir KONI Provinsi serta Induk Cabang Olahraga, bersama kita semua dan pada saat Fun Run yang diikuti oleh sekitar 2.500 peserta,” sambungnya dalam memberikan keterangan pers.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Banyak Pihak atas Kesuksesan PON

Ketum KONI Pusat menyampaikan terima kasih atas dukungan Kemenpora, Aster TNI AD, Kodam Jaya dan seluruh pihak yang mendukung.

Diharapkan semarak PON XXI juga hadir di seluruh provinsi. “PON XXI Tahun 2024 adalah Pekan Olahraga Nasional yang pertama kali diselenggarakan di 2 provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara, dan Pekan Olahraga Nasional yang pertama diikuti oleh 38 provinsi. Oleh karena itu besar harapan saya Fun Run dan Countdown ini juga diikuti oleh seluruh KONI Provinsi di daerahnya masing-masing pada saat yang bersamaan atau saat yang berbeda,” jelas Marciano.

Membahas tentang PON, Ketum KONI Pusat tegaskan pentingnya peran multievent terbesar di Indonesia tersebut. “PON ini sangat penting di dalam pembinaan olahraga prestasi. Di sini adalah puncaknya untuk atlet-atlet hasil binaan KONI Provinsi, hasil binaan pengurus provinsi cabang olahraga dan hasil binaannya pengurus besar/pengurus pusat cabang olahraga,” terangnya.

“Juara-juara PON nanti akan jadi wakil-wakil Indonesia Pada single maupun multi-event internasional baik itu SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade. Saya selalu berharap juara-juara olahraga Indonesia yang tampil di pentas dunia adalah atlet-atlet yang memang hasil pembinaan dari tingkat terbawah,” tambah Ketum KONI Pusat menyinggung jenjang dari mulai akar rumput di kabupaten/kota.

3 dari 3 halaman

Hadiah Menarik di Fun Run For PON

 

“Besar harapan saya Run for PON ini bisa membangkitkan semangat Indonesia dan countdown ini membuat semua KONI Provinsi, dan Panitia Besar wilayah Aceh dan Sumut mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Terima kasih, sukses untuk Fun Run 5km dan Countdown PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara,” tutup Ketum KONI Pusat.

Fun Run akan dimulai dari Plaza Barat GBK ke arah Jalan Asia Afrika, kemudian melintasi Jalan Sudirman sampai dengan Jalan Gatot Subroto hingga Gerbang Pemuda dan kembali ke GBK. Berbagai Door Prize juga disiapkan untuk para peserta, mulai sepatu, elektronik, voucher hotel, tiket pesawat, sepeda listrik, sepeda motor dan lain sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini