Sukses

Hasil DBL 2023: Sinlui dan Gloria Berjaya di Jawa Timur

Putra Sinlui sukses mencatatkan rekor meraih gelar lima musim secara beruntun di DBL Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta- Tim putra SMA St. Louis 1 Surabaya dan tim putri SMA Gloria 1 Surabaya berhasil meneruskan kesuksesan merebut gelar juara pada liga basket pelajar terbesar Seri Jawa Timur. Kedua tim mampu lawannya masing-masing pada babak puncak Honda DBL with Kopi Good Day 2023 East Java Championship Series, Sabtu (2/9/2023).

Final party yang berlangsung di DBL Arena Surabaya ini berlangsung meriah. Dengan suguhan entertainment dan lighting show yang menghibur, mirip dengan vibes liga basket professional di Amerika (NBA). Tak heran, stadion indoor berkapasitas 4.000 penonton ini tak mampu menampung animo para suporter, alumni, dan keluarga dari masing-masing tim basket sekolah yang bertanding. Hingga menyebabkan tiket sold out atau ludes dalam hitungan tiga menit saja saat dijual secara online pada hari Kamis atau H-2 sebelum final.

Tim putri SMA Gloria 1 Surabaya yang terlebih dahulu mengamankan status sebagai juara bertahan. Srikandi Gloria 1 berhasil menundukkan SMAN 1 Blitar, dengan skor akhir 80-40.

Sejak tip-off, anak asuh Yogi Dian (pelatih dari Gloria 1) ini sudah melesat  meninggalkan Smasa Blitar. Seluruh pemain Gloria 1 mencatatkan namanya pada lembar statistik bagian poin. Nathania Nicole Sasongko menjadi pengumpul poin terbanyak dengan torehan 20 poin serta tambahan 8 rebound. Disusul Michelle Angelina Abadi dengan catatan 17 poin dan  7 rebound. Putu Kezia Angelie melengkapi daftar pencetak dua digit poin Gloria 1 dengan koleksi 14 poin plus 4 steal.

Kemenangan ini membuat putri Gloria 1 mengukir sejarah emas. Menjadi sekolah pertama yang berhasil menjadi jawara Seri Jatim sektor putri selama empat musim beruntun! Rekor juara beruntun terbanyak sebelumnya dicatatkan oleh tim putri SMA St. Louis 1 Surabaya, yakni hat-trick atau tiga musim beruntun pada edisi 2016, 2015, dan 2014 silam.Rekor rentetan gelar champion Seri Jatim juga berhasil dipastikan oleh tim putra Sinlui (sebutan SMA St. Louis 1 Surabaya). Walau harus dengan susah payah meladeni perlawanan ngotot tim kuda hitam SMA Gloria 1 Surabaya. Laga sengit ini dimenangkan Sinlui, dengan skor akhir 64-57.

Putra Sinlui sukses mencatatkan rekor meraih gelar lima musim secara beruntun. Yang mereka mulai pada edisi 2018, 2019, 2021, 2022, dan 2023. Sebagai catatan, pada edisi 2020 liga tidak digelar karena pandemi Covid-19. Dengan ini, putra Sinlui menjadi sekolah pertama yang membuat rentetan champion sebanyak itu pada Seri Jatim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinlui Paling Sering Juara

Keberhasilan mempertahankan gelar, sekaligus, kian menobatkan diri tim putra Sinlui sebagai sekolah dengan koleksi trofi champion terbanyak, yakni tujuh kali. Dari total 19 musim liga basket pelajar terbesar Seri Jatim ini dimulai sejak 2004 silam.

Rangkaian panjang Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Seri Jawa Timur ini telah dimulai sejak 21 Juli lalu. Seri Jatim dimulai dengan menggelar seleksi regional yang dibagi menjadi empat wilayah, yakni North Region di Surabaya, South Region di Malang, West Region di Madiun, dan East Region di Jember. Tim berstatus finalis putra dan putri dari masing-masing region kemudian dipertemukan pada Championship Series yang berlangsung di DBL Arena Surabaya pada 28 hingga 30 Agustus lalu.

Hingga akhirnya didapatkan dua tim terbaik putra dan putri yang bertemu pada final atau babak puncak Seri Jatim, Sabtu (2/9). Dari Seri Jatim ini, juga didapatkan sepuluh pemain putra dan sepuluh pemain putri terbaik, yang menyandang sebagai Kopi Good Day First Team dan Second Team, serta empat pelatih terbaik. Mereka inilah yang akan ikut serta pada pelatihan basket terbaik dan terbesar Kopi Good Day DBL Camp 2024 mendatang.

3 dari 3 halaman

Dikirim ke Amerika Serikat

Selain mengikuti pelatihan, mereka akan bersaing dengan ratusan peserta pilihan dari 30 kota di 22 provinsi penyelenggaraan Honda DBL with Kopi Good Day musim 2023-2024.

Dari Aceh hingga Papua. Nantinya, akan dipilih 12 putra dan 12 putri, serta empat pelatih yang berhak menyandang status sebagai anggota skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 yang akan dikirim ke Amerika Serikat untuk mengikuti program pelatihan dengan pelatih Top NBA dan bertanding pada kejuaraan bergengsi disana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini