Sukses

Thomas Doll Soroti Pertahanan Persija Jelang Lawan Persib di BRI Liga 1

Thomas Doll paham pertahanan Persija Jakarta saat ini sedang rapuh. Macan Kemayoran harus lebih solid agar tidak mudah dibobol Persib Bandung di laga bergengsi pekan ke-11 di BRI Liga 1.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll sangat khawatir dengan pertahanan timnya di BRI Liga 1 2023/2024. Dalam 5 laga terakhir, Persija sudah kebobolan 8 gol.

Padahal hingga pekan ke-4 BRI Liga 1, Persija baru kebobolan 3 gol. Agustus menjadi periode yang tidak menyenangkan bagi Persija Jakarta.

Lima pertandingan dilalui dengan catatan minor, selalu kebobolan.Satu-satunya kemenangan yang bisa diraih, yaitu vs PSS (4/8/2023), gawang Macan Kemayoran pun ternoda satu gol (3-1).

Selanjutnya, Persija imbang 1-1 dengan Borneo FC (9/8/2023), kalah 0-2 dari Madura United (13/8/2023), seri 2-2 dengan Arema FC (20/8/2023), dan kalah 0-2 dari Dewa United (25/8/2023). Total, delapan dari 11 gol bersarang ke gawang Persija dari lima laga terakhir.

Pelatih Thomas Doll sangat paham bahwa rapor itu adalah tren negatif yang harus segera diputus. Ia ingin saat tim besutannya menghadapi Persib di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/9/2023), pukul 15.00 WIB, sistem pertahanan Tim Ibu Kota harus lebih kuat.

Persija dan Persib sedang menjalani tren yang terbalik saat ini. Persija yang kencang di awal musim, justru kendor di beberapa laga terakhir, sedangkan hal sebaliknya terjadi dengan Persib Bandung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Thomas Doll Ungkap Penyebab Pertahanan Persija Kendor

 

Thomas mengatakan bahwa pertahanan Macan Kemayoran wajib memiliki konsentrasi yang lebih lama. Menurutnya, Persija belum mampu berkonsentrasi selama 90 menit dalam menjaga gawangnya.

“Kami memerlukan pertahanan dengan konsentrasi selama 90 menit lebih. Bukan 60 atau 75 menit. Itu perubahan utama yang diperlukan tim,” ujar Thomas seperti dikutip situs Persija.

Pertahanan kendor selama Agustus 2023 juga disinyalir karena komposisi bek berubah-ubah. Ini juga diduga yang membuat pertahanan Persija tidak maksimal.

 

3 dari 5 halaman

Persija Butuh Waktu untuk Kembali Solid

 

Selain harus kehilangan Muhammad Ferarri selama tujuh laga karena mengikuti pendidikan kepolisian, Persija kehilangan Hansamu Yama selama empat laga karena cedera lutut.

Walaupun Hansamu sudah ikut ke dalam skuad pada laga tandang melawan Dewa United, Thomas merasa dirinya masih butuh waktu lagi agar bisa kembali ke performa maksimal.

“Hansamu (Yama) sempat mengalami cedera. Dia perlu waktu untuk pemulihan dan baru ikut sesi latihan beberapa kali,” kata Thomas.

 

4 dari 5 halaman

Akbar Arjunsyah Petik "Cuan"

 

Pelatih yang dulunya bermain untuk Eintracht Frankfurt itu menilai bahwa selama Hansamu cedera, bek muda Akbar Arjunsyah memanfaatkan kesempatannya dengan baik untuk mendapatkan waktu bermain.

“Akbar (Arjunsyah) yang selalu ikut berlatih dengan kami. Dia berusaha keras setiap latihan. Selain itu, kondisi Akbar selalu dalam kondisi yang fit,” ucap pelatih asal Jerman itu.

5 dari 5 halaman

Peringkat Persija dan Persib di BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.