Sukses

Hasil Japan Open 2023: Bungkam Wakil India, Jonatan Christie Melesat ke Final

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengamankan tiket final Japan Open 2023 setelah menaklukkan wakil India Lakshya Sen lewat pertarungan sengit tiga game 21-15, 13-21, 21-16 dalam partai semifinal yang dihelat Sabtu (29/7/2023) siang WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie berhasil mengamankan tiket ke babak final ajang badminton super 750, Japan Open 2023.

Kepastian ini didapat setelah Jojo menaklukkan wakil India Lakshya Sen lewat pertarungan sengit tiga game, 21-15, 13-21, 21-16 berdurasi 68 menit, dalam partai semifinal yang dihelat Sabtu (29/7/2023) siang WIB.

Jonatan Christie sempat beberapa kali membuat kesalahan sendiri di awal game pertama. Pengembaliannya tidak akurat dan menyangkut di net, sehingga membuat dia tertinggal dua poin dari Lakshya Sen dalam kedudukan 1-3.

Wakil Indonesia itu mampu segera bangkit. Jojo percaya diri melancarkan serangan ke kubu pertahanan Sen, yang mengantar dia melesat menyeimbangkan torehan skor menjadi 4-4.

Sen yang mulai terkejar langsung berupaya mengambil alih kendali. Ia mendapat tambahan tiga poin beruntun, tetapi kembali disamakan oleh Jonatan Christie.

Tunggal putra Merah Putih berbalik memimpin dengan 8-7 sebelum dipaksa terlibat drama kejar-kejaran skor oleh Sen. Jojo akhirnya tertinggal 9-11 dari wakil India saat interval, usai smash yang coba dilancarkannya melebar dari bidang permainan lawan.

Pebulu tangkis Indonesia berupaya bangkit selepas jeda. Tambahan dua poin beruntun yang dia peroleh sukses mengantar Jojo menyamakan skor menjadi 11-11.

Wakil Tanah Air gantian memimpin di kedudukan 13-12. Setelahnya, Jonatan Christie nampak bermain lebih sabar dan menunggu peluang yang tepat untuk meraih angka. Cara ini efektif mengantar Jojo melesat hingga 16-12.

Tunggal putra Indonesia masih memimpin di kedudukan 19-12. Akan tetapi, dua kesalahan beruntun yang dilakukannya sempat memberi angin segar bagi Lakshya Sen. Beruntung situasi ini tak dibiarkan berlarut-larut oleh Jojo. Penggawa Merah Putih segera mengunci game pertama lewat keunggulan 21-15 atas wakil India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Kedua Jonatan Christie vs Lakshya Sen

Persaingan sengit langsung tersaji di awal game kedua. Lakshya Sen dengan cepat mengumpulkan dua poin beruntun, yang membuat Jojo harus bekerja keras demi mengejar ketertinggalan.

Pebulu tangkis akhirnya berhasil menyamakan skor di kedudukan 3-3. Malang, smash-nya yang menyangkut di net memberi kesempatan bagi tunggal India untuk kembali memimpin perolehan poin.

Jonatan Christie belum memangkas selisih jarak. Ia malah tertinggal makin jauh mendekati interval. Raihan poin Jojo terkunci di angka 4. Sementara itu, Sen terus melaju dengan koleksi 10 angka sebelum menutup interval lewat keunggulan 4-11 atas wakil Indonesia.

Jojo masih kesulitan bangkit selepas jeda. Meski sempat mengumpulkan tiga angka tambahan, pebulu tangkis kelahiran 1997 itu nyatanya masih tertinggal cukup jauh dari Sen di kedudukan 8-14.

Jonatan makin tertekan memasuki poin-poin kritis. Jojo sudah terpaut tujuh angka di posisi 12-19. Lakshya Sen pun tak butuh waktu lama untuk menyudahi perlawanan wakil Merah Putih di game kedua. Jojo mau tak mau harus melanjutkan laga ke game penentu usai tunduk 13-21 di akhir set kedua.

3 dari 4 halaman

Kebangkitan Jonatan Christie di Game Penentu

Duel alot mewarnai jalannya set penentu. Jonatan Christie dan Lakshya Sen yang sama-sama berambisi tembus ke partai puncak langsung memaksa diri terlibat drama kejar-kejaran skor. Angka kembar masih terus tercipta hingga kedudukan 6-6.

Setelahnya, Jojo melesat dengan 9-6 usai mengoleksi tiga angka beruntun. Tren positifnya sempat terputus akibat jumping smash mematikan dari Sen. Beruntung, wakil Indonesia dapat segera mentralisir ancaman dan menutup interval set penentu lewat keunggulan 11-7.

Jojo mendapat tambahan satu poin lagi selepas jeda. Namun setelahnya, giliran Sen yang mendapat angin segar untuk bangkit setelah pengamatan lapangan wakil Indonesia yang kurang akurat.

Kedua pemain hanya berselisih tiga angka di kedudukan 14-11. Jojo sempat berupaya menjauh dengan 17-12, tetapi terus dibayangi Lakshya Sen yang tampil ulet di game penentu.

Wakil Indonesia pun masih dipaksa bekerja keras setelah mendapat match point opportunity di kedudukan 20-15. Lakshya Sen mencuri satu angka, tetapi laga akhirnya ditutup dengan smash Jojo yang mengantarnya mendapat poin ke-21.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Semifinal Japan Open 2023, Sabtu 29 Juli 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-2: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-lin (Chinese Taipei); 19-21, 10-21

Pertandingan ke-5: Jonatan Christie vs Lakshya Sen (India); 21-15, 13-21, 21-16

Pertandingan ke-9: Gregoria Mariska Tunjung vs He Bing Jiao (China)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.