Sukses

Alasan Andre Onana Pilih Seragam 24 Manchester United Terkuak, karena Percaya Takhayul?

David de Gea meninggalkan Manchester United musim panas ini usai kontraknya habis. Seragam nomor 1 di Old Trafford pun tidak lagi memiliki pemilik. Namun, kiper anyar Andre Onana tidak memilih angka tersebut untuk dipakai.

Liputan6.com, Jakarta - David de Gea meninggalkan Manchester United musim panas ini usai kontraknya habis. Seragam nomor 1 di Old Trafford pun tidak lagi memiliki pemilik.

Manchester United juga sudah menemukan pengganti De Gea. Mereka merekrut Andre Onana dari Inter Milan. Setan Merah mengontrak penjaga gawang asal Kamerun itu dengan durasi lima musim.

Hampir pasti jadi kiper pilihan pertama Erik ten Hag, Onana bisa memenunjukkan status tersebut dan mengambil jersey nomor 1. Namun, sosok berusia 27 tahun ini justru mengambil langkah berbeda.

Onana memilih seragam 24 untuk dikenakan. Di MU, angka tersebut lama dipakai Darren Fletcher setelah sempat dikenakan Paul Scholes, David Beckham, dan Wes Brown. Pemain terakhir yang menggunakanya adalah bek asal Belanda Timothy Fosu-Mensah. 

Tidak ada penjelasan resmi dari Onana mengenai alasannya memakai 24. Asumsi awal angka tersebut merepresentasikan tanggal lahirnya yakni 2 April.

Dia mulai mengenakannya ketika bergabung di Ajax Amsterdam pada 2015. Ketika itu jersey 1 menjadi milik Jasper Cillessen.

Ketika Cillessen hengkang pada 2016, Onana lalu menguasai seragam 1 setahun berselang. Namun, kinerjanya di lapangan menurun. Dia cuma mencatat 12 clean sheet, menurun dari 21 pada musim sebelumnya. 

Pesepak bola kerap percaya takhayul. Andre Onana kembali ke nomor 24 pada musim berikutnya. Rapor mantan siswa Akademi Barcelona ini langsung melonjak dan membukukan 26 clean sheet. Sejak itu dia tidak pernah lagi tergoda memakai seragam 1, termasuk ketika membela tanah kelahiran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ambisi Andre Onana di Manchester United

Manchester United menyelesaikan penandatanganan Onana dari Inter Milan pada Kamis (20/7/2023). Setan Merah membayar lebih dari 50 juta euro untuk penjaga gawang asal Kamerun tersebut.

Berbicara kepada situs resmi MU, Onana menyatakan siap mempertahankan gawang dan berkontribusi untuk tim. Dia ingin menang besar di Old Trafford.

"Bergabung dengan Man Utd adalah kehormatan yang luar biasa dan saya telah bekerja keras sepanjang hidup saya untuk mencapai momen ini. Saya mengatasi banyak rintangan di sepanjang jalan," kata Andre Onana.

"Berjalan keluar di Old Trafford untuk mempertahankan gawang kami dan berkontribusi pada tim akan menjadi pengalaman luar biasa lainnya. Ini adalah awal dari perjalanan baru bagi saya, dengan rekan tim baru, dan ambisi baru untuk diperjuangkan."

Onana menambahkan: "Man Utd punya sejarah panjang penjaga gawang yang luar biasa, dan sekarang saya akan memberikan segalanya untuk menciptakan warisan saya sendiri di tahun-tahun mendatang."

"Saya senang dengan kesempatan untuk bekerja lagi dengan Erik ten Hag, dan saya tidak sabar untuk memainkan peran saya dalam kesuksesan. Saya tahu dia bertekad untuk memberikan yang terbaik di klub sepak bola yang hebat ini," pungkas Onana.

3 dari 3 halaman

Andre Onana Buruan Utama Manchester United

Direktur sepak bola Manchester United John Murtough menyatakan bahwa Andre Onana adalah target kiper utama musim panas ini. Dia menambahkan bintang Kamerun itu sangat cocok dengan profil yang mereka cari.

Murtough mengklaim bahwa Onana membawa mental pemenang ke dalam skuad. Dia memuji mantan bintang Ajax itu sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia dan berkata (melalui Mirror):

"Andre adalah pilihan utama kami untuk menjadi kiper baru Manchester United, dengan profil atribut dan kepribadian yang tepat. Setelah mencapai kesuksesan sepanjang kariernya, kami tahu bahwa Andre akan semakin menambah mentalitas kemenangan yang kami bangun dalam skuat kami," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini