Sukses

Hasil AVC Challenge Cup 2023: Hajar Kazakhstan di 12 Besar, Timnas Voli Putra Indonesia Tembus Perempat Final

Timnas voli putra Indonesia sukses memetik kemenangan di babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023. Berhadapan dengan Kazakhstan di University of Taipei pada Selasa (11/7/2023), tim Merah Putih unggul 3-0 dengan 30-28, 25-21, dan 25-15 sekaligus memastikaan tiket ke babak selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta Timnas voli putra Indonesia sukses memetik kemenangan di babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023 pada Selasa (11/7/2023).

Berhadapan dengan Kazakhstan di University of Taipei, tim Merah Putih unggul 3-0 dengan 30-28, 25-21, dan 25-15 sekaligus memastikaan tiket ke perempat final.

Adapun Indonesia memang tampil percaya diri sejak awal pertandingan, meski sempat dibuat kesulitan di akhir set pertama. Timnas voli putra Indonesia sanggup menciptakan keunggulan 6-0 berkat servis mematikan yang dilancarkan Farham Halim.

Sayang, kesalahan sendiri yang dilakukan penggawa Tanah Air sempat memutus laju angka kubu Indonesia. Beruntung aksi Hernanda Zulfi akhirnya berhasil membuat perolehan skor kembali ke kubu Merah Putih.

Penampilan Kazakhstan masih kurang lepas di set pembuka. Kendati begitu, mereka berupaya keras menikis ketertinggalan, sehingga kedua tim menjadi hanya terpaut tiga angka di kedudukan 9-12.

Farhan dan kawan-kawan mencoba bangkit setelahnya. Mereka kembali tancap gas dengan torehan skor 15-10. Akan tetapi, tren positif Merah Putih kembali dihentikan oleh kubu lawan. Indonesia menjad hanya berselisih dua angka dengan 15-13 dari Kazakhstan saat time out.

Netalin dan kolega perlahan-lahan mulai menunjukkan penampilan yang lebih spartan. Mereka terus mendekati perolehan skor Merah Putih, sehingga kedua kubu cuma terpaut satu poin dengan 17-16.

Skor imbang akhirnya tercipta di kedudukan 18-18. Laga sengit pun mau tak mau mewarnai duel Indonesia dan Kazakhstan di pengujung set pertama. Tim Merah Putih sempat kembali unggul, tetapi Kazakhstan lagi-lagi mampu menyamakan skor menjadi 23-23.

Indonesia mendapatkan set point setelah berhasil mengamankan tambahan satu angka. Namun, tim lawan berhasul menggagalkan selebrasi Merah Putih dan berbalik unggul dengan 24-25.

Indonesia gantian memaksa terjadinya deuce. Kejar-kejaran skor sempat tercipta, sebelum set pembuka akhirnya menjadi milik Merah Putih dengan skor akhir 30-28.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Set Kedua Indonesia vs Kazakhstan

Kazakhstan tampil lebih bersaing di awal set kedua. Mereka mampu mengantisipasi pola permainan penggawa Merah Putih, sehingga berhasil mencatatkan keunggulan 5-3 di permulaan laga.

Rivan Nurmulki dan kawan-kawan berupaya keras mengikis ketertinggalan. Timnas voli Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 7-7. Back attack yang apik dari Doni Haryono pun akhirnya mengantar pasukan Tanah Air unggul tipis dengan 10-9.

Tak lama berselang, giliran Rivan Nurmulki yang menunjukkan taringnya. Serangan tajam yang dilancarkan berhasil menambah kunggulan Tanah Air menjadi 12-10 atas lawan.

Tim Merah Putih masih memimpin 13-10 saat Kazakhstan mengambil time out. Namun, Farhan Halim dan kawan-kawan malah kehilangan tiga poin beruntun selepas time out, sehingga perolehan skor kedua tim imbang 13-13.

Indonesia dipaksa terlibat dalam drama kejar-kejaran skor setelahnya. Tm Merah Putih sempat kembali memimpin di kedudukan 20-18, tetapi kembali diseimbangkan menjadi 20-20 oleh Kazakhstan.

Pasukan Merah Putih mencoba tampil lebih ganas di pengujung set kedua. Upaya ini efektif mengantar Tanah Air memimpin 24-21 atas Kazakhstan. Timnas voli Indonesia pun ogah menyia-nyiakan peluang. Hanya dengan sekali percobaan, wakil Tanah Air berhasil mengunci kemenangan dengan 25-21.

3 dari 3 halaman

Indonesia Kunci Kemenangan atas Kazakhstan

Indonesia mencoba melanjutkan dominasinya di set ketiga. Farhan Halim dan kawan-kawan memimpin tiga angka dengan 6-3 di awal permainan, tetapi beberapa kali coba dikejar oleh wakil Kazakhstan.

Beruntung tim Merah Putih tampil lebih tangguh mengantisipasi upaya lawan. Indonesia tancap gas dengan perolehan 14 poin, meninggalkan Kazakhstan yang masih terjebak di angka 9.

Penampilan timnas voli Indonesia kian menjanjikan di pengujung set ketiga. Sebaliknya, Kazakhstan malah lebih sering melakukan kesalahan yang memberi keuntungan bagi kubu Merah Putih. Farhan Halim dan kawan-kawan pun tak butuh waktu lama untuk menyudahi laga. Indonesia memastikan tiket ke babak selanjutnya usai mengunci kemenangan 25-15 atas Kazakhstan di set ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.