Sukses

Hasil UEFA Nations League: Kalahkan Italia, Spanyol Tantang Kroasia di Final

Spanyol akan bertemu Kroasia di final UEFA Nations League 2023 yang pada laga semifinal sebelumnya berhasil mengalahkan Belanda.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol akan menghadapi Kroasia di partai final UEFA Nations League 2023. La Furia Roja lolos ke partai puncak usai kalahkan Italia 2-1 pada pertandingan semifinal di Stadion De Grolsch Veste, Jumat dini hari WIB (16/6/2023).

Gol Joselu di akhir babak kedua memastikan kemenangan Spanyol setelah sebelumnya unggul cepat melalui gol Yeremy Pino. Italia hanya mampu mencetak satu gol lewat eksekusi penalti Ciro Immobile.

Spanyol akan bertemu Kroasia yang laga semifinal sebelumnya mengalahkan Belanda. Sementara itu, Italia harus menjalani partai perebutan tempat ketiga melawan Belanda.

Spanyol langsung menekan pertahanan Italia sejak awal laga. Hasilnya, pertandingan baru berjalan tiga menit, mereka sudah unggul berkat gol Pino, yang memanfaatkan kesalahan pemain lawannya.

Namun, Italia mendapat kesempatan menyamakan skor setelah wasit menunjuk titik putih karena Robin Le Normand melakukan handball di kotak terlarang. Immobile berhasil menunaikan tugasnya sebegai penendang dengan memperdaya Unai Simon.

Italia kembali unggul pada menit 21 lewat gol Davide Frattesi. Namun, wasit menganulirnya karena gelandang Sassuolo itu sudah lebih dahulu berdiri dalam posisi offside. Skor 1-1 bertahan hingga laga memasuki jeda turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sontekan Joselu Tentukan Kemenangan Spanyol atas Italia

Spanyol kembali lebih sering menugasai bola di babak kedua. Mikel Merino hampir mencetak gol kedua, tapi kiper Italia Gianluigi Donnarumma masih bisa mementahkannya.

Peluang terbaik diperoleh Italia pada menit ke-65. Umpan tarik Federico Dimarco coba dituntaskan Frattesi dengan sontekan keras, tapi bola masih membentur Unai Simon.

Usaha keras Spanyol membuahkan hasil pada menit ke-88. Bola tembakan Rodri mengenai pemain Italia dan mengarah pada Joselu yang menuntaskannya dengan sontekan.

Tak cukup waktu banyak, Italia kesulitan mencari gol penyeimbang. Tak ada lagi gol tercipta dan pertandingan pun berakhir 2-1 untuk kemenangan Spanyol.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Spanyol vs Italia

Spanyol: Unai Simon; Jesus Navas, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Rodri, Mikel Merino (Fabian Ruiz 74'); Rodrigo Moreno (Marco Asensio 46'), Gavi (Sergio Canales 68'), Yeremy Pino (Ansu Fati 74'); Alvaro Morata (Joselu 84').

Pelatih: Luis de la Fuente.

Italia: Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci (Matteo Darmian 46'), Francesco Acerbi; Giovanni Di Lorenzo, Nicolo Barella, Jorginho (Bryan Cristante 61'), Davide Frattesi (Marco Verratti 76'), Leonardo Spinazzola (Federico Dimarco 46'); Nicolo Zaniolo, Ciro Immobile (Federico Chiesa 60').

Pelatih: Roberto Mancini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.