Sukses

Eks Pemain Manchester United Juan Veron Bicara soal Masa Depan Sepak Bola Indonesia

Eks pemain Manchester United (MU) Juan Sebastian Veron menilai Indonesia berpotensi memiliki masa depan cerah di cabang olahraga sepak bola berkat kehadiran pemain-pemain muda berbakat.

Liputan6.com, Jakarta - Eks pemain Manchester United (MU) Juan Sebastian Veron bicara soal masa depan sepak bola Indonesia. Ia menilai Tanah Air berpotensi memiliki masa depan cerah di cabang olahraga tersebut berkat kehadiran pemain-pemain muda berbakat.

Seperti diketahui, Juan Veron memang baru saja menyambangi penggawa U-16 Indonesia dalam rangkaian acara BRImo Future Guard di Jakarta.

Ia bersama sejumlah legenda sepak bola lainnya, mulai dari Roberto Carlos, Eric Abidal, Marco Materazzi, hingga Giorgos Karagounis diminta untuk memberi coaching clinic bagi pesepak bola muda Tanah Air.

Tak tanggung-tanggung, Ji Da-bin dan kawan-kawan bahkan berkesempatan menjadi anak asuh para pemain legendaris dalam mini turnamen fourfeo cup yang dihelat di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Kamis (1/6/2023).

Veron yang telah menyaksikan aktivitas para pemain selama beberapa waktu terakhir pun memberi penilaian positif bagi mereka.

Mantan pemain Manchester United itu menganggap penggawa-penggawa muda Tanah Air punya bakat dan sikap kerja keras, sehingga bisa membawa masa depan cerah bagi sepak bola Indoensia.

“Terdapat banyak talenta hebat di sini. Talenta memang ada di seluruh dunia, tetapi saya lihat banyak juga (pemain berbakat) di tempat ini (Indonesia). (Mereka) bekerja keras, para pelatih juga bagus. Jadi Indonesia punya masa depan (dalam bidang sepak bola),” tuturnya saat ditemui di Stadion Madya, Kamis (1/6/2023) siang WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tugas PSSI: Bangun Kompetisi Berkualitas

Walau dianggap menjanjikan, bukan berarti pekerjaan PSSI bakal berjalan lebih mudah di masa mendatang. Federasi sepak bola Tanah Air malah harus bekerja keras demi menciptakan iklim kompetisi yang berkualitas.

Pasalnya Verno menyiratkan, kualitas kompetisi juga menjadi salah satu aspek krusial dalam mendorong perkembangan para pemain muda.

Ia menilai para penggawa yang berkesempatan terjun dalam kompetisi bagus bakal bisa mendapat kesempatan untuk menjajal karier di Eropa.

“Para pemain butuh kompetisi. Kalian harus punya kompetisi yang bagus. (Dengan begitu) mungkin mereka (pemain) suatu saat nanti juga bisa merasakan kompetisi yang lebih baik di Eropa,” tuturnya Veron kepada awak media.

3 dari 3 halaman

Permintaan Pelatih Timnas Indonesia U-16

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti. Sosok yang pernah mengantar Garuda Nusantara menjadi juara Piala AFF U-16 2022 itu berharap PSSI dapat menyediakan kompetisi usia muda yang berkelanjutan demi menempa talenta pemain-pemain Indonesia.

“Hampir semua (pemain legenda yang datang ke Indonesia) menyampaikan bahwa Indonesia tidak kekurangan bakat atau talenta. Cuma sekarang yang dibutuhkan adalah kompetisi,” tutur Bima Sakti pada Kamis (1/6/2023) siang WIB.

“Jadi, kita berharap di kepengurusan baru ini, (PSSI) bisa membuat kompetisi usia muda yang berkesinambungan, yang waktunya panjang. Jadi mereka (para pemain) bisa ditempa di kompetisi,” katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.