Sukses

Jadwal Final Bulu Tangkis SEA Games 2023: Siap Berpesta, Indonesia Incar 4 Medali Emas

Sebanyak enam wakil Indonesia tampil pada final bulu tangkis SEA Games 2023 di Morodok Techo Badminton Hall, Selasa (16/5/2023). Kontingen Merah Putih dipastikan menjadi juara di duna nomor dengan maksimal membawa pulang empat emas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak enam wakil Indonesia tampil pada final bulu tangkis SEA Games 2023 di Morodok Techo Badminton Hall, Selasa (16/5/2023). Kontingen Merah Putih dipastikan menjadi juara di duna nomor dengan maksimal membawa pulang empat emas.

Podium tertinggi SEA Games 2023 bakal jadi milik Tanah Air karena tercipta all-Indonesian final di dua nomor. 

Chico Aura Dwi Wardoyo dan Christian Adinata bermain di tunggal putra dengan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menghadapi Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose di ganda putri.

Sayang skenario serupa tidak tercipta di ganda putra dengan tumbangnya unggulan pertama Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana pada semifinal. Namun, masih ada Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Duo tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo juga terhenti di babak empat besar. Namun, kans emas masih berpeluang hadir di ganda campuran melalui ungggulan pertama Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. 

"Kami coba bermain enjoy dan tidak memikirkan partai final. Kami mau menampilkan yang terbaik, kami mau memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ungkap Rehan.

Lihat jadwal bulu tangkis SEA Games 2023 di halaman berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Final Bulu Tangkis SEA Games 2023

Selasa, 16 Mei 2023

Pertandingan 1: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Roy King Yam/Cheng Su Yin (Malaysia)

Pertandingan 2: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Pertandingan 4: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Christian Adinata

Pertandingan 5: Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan vs Peeratchai Sukphun/Pakkapon Teeraratsakul (Thailand)

 

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 12.00 WIB

3 dari 3 halaman

Regu Putra Indonesia Kantongi Emas SEA Games 2023

Pada nomor beregu yang digelar sebelumnya, tim putra Indonesia sukses meraih emas usai menaklukkan Malaysia 1-3. Sedangkan tim putri harus puas dengan perak setelah dibungkam Thailand 0-3.

Hasil ini membuat Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan menduduki takhta yang sempat hilang direbut Thailand, setelah sebelumnya dalam laju enam kali juara beruntun.

Indonesia juga ingin mempertegas dominasi pada nomor ini di SEA Games. Merah Putih tercatat sudah merebut 18 emas, terbanyak di antara negara lain.

Sementara di tim putri, kekalahan dari Thailand merupakan ulangan final tiga edisi terakhir regu putri bulu tangkis SEA Games. Dalam tiap kesempatan Merah Putih harus mengakui keunggulan Negeri Gajah.

Penantian panjang Indonesia terhadap emas dari regu putri SEA Games pun terus berlanjut. Terakhir kali Indonesia menguasai nomor ini pada 2007. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.