Sukses

Menpora Dito Ariotedjo Akui Jepang dan Irak Lawan Berat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengakui bahwa Jepang dan Irak bakal menjadi lawan berat Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023. Seperti diketahui, Skuad Garuda tergabung dalam grup D Piala Asia bersama tiga negara kuat, yakni Vietnam, Jepang, serta Irak.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengakui bahwa Jepang dan Irak bakal menjadi lawan berat Timnas Indonesia dalam ajang Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Skuad Garuda mau tak mau masuk dalam grup neraka AFC Asian Cup edisi ini. Hasil undian menunjukkan tim racikan Shin Tae-yong tergabung dalam grup D bersama Vietnam, Jepang, dan Irak.

Kondisi itu tak pelak menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas Indonesia, mengingat Vietnam dikenal sebagai musuh bebuyutan Merah Putih di kancah sepak bola Asia Tenggara, sementara Jepang dan Irak pernah menjadi menjadi kampiun Piala Asia.

Menpora Dito Ariotedjo pun angkat bicara menanggapi situasi Skuad Garuda. Ia tak menampik bahwa Jepang dan Irak memang lebih unggul dibanding tim Merah Putih dari segi statistik. Walau begitu, ia optimistis anak-anak asuh Shin Tae-yong mampu tampil maksimal.

“Mohon doanya saja kalau (soal) itu. (Indonesia akan ketemu) Jepang sama Irak. Mohon doanya,” tutur Dito saat ditemui di Medcen Kemenpora, Jakarta Pusat, pada Jumat (12/5/2023) siang WIB.

“Ya harus optimistis (pada prospek Timnas Indonesia di Piala Asia 2023), tetapi secara statistik dan data kan memang itu lawan yang tangguh,” sambung menteri berusia 32 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Shin Tae-yong

Selaras dengan pernyataan Dito, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga menilai Skuad Garuda saat ini tergabung dalam grup sulit. Meski begitu, juru taktik asal Korea Selatan mengaku percaya pada kemampuan anak-anak asuhnya.

“Tentu grup kami ini tidak mudah. Namun, saya punya keyakinan penuh terhadap tim saya,” tutur Shin menanggapi hasil undian grup Piala Asia 2023, dilansir dari situs PSSI.

“Saya bisa katakan bahwa berhadapan dengan rival kami seperti Vietnam dan Jepang adalah hal yang positif. Selama kami bisa menyiapkan diri dengan baik, saya rasa kami bisa memberikan penampilan bagus melawan mereka,” tambahnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak menampik bahwa Timnas Indonesia merupakan negara dengan peringkat terendah di Piala Asia. Namun, ia bertekad bakal terus memberi motivasi kepada anak-anak asuhnya agar bisa menampilkan performa terbaik.

“Kami tim dengan peringkat terendah dari semua kontestan. Setiap laga nanti akan sangat menantang. Kami akan berjuang hingga akhir. Saya akan menjaga para pemain agar tetap termotivasi, sehingga mereka bisa memberikan yang terbaik di setiap laga,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Pembagian Grup Piala Asia 2023

Grup A: Qatar, Tiongkok, Tajikistan, Lebanon

Grup B: Australia, Uzbekistan, Syiria, India

Grup C: Iran, Uni Emirat Arab, Hong Kong, Palestina

Grup D: Jepang, Indonesia, Irak, Vietnam

Grup E: Korea Selatan, Malaysia, Yordania, Bahrain

Grup F: Arab Saudi, Thailand, Kyrgistan, Oman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.