Sukses

Hasil Final Bulu Tangkis Putri SEA Games 2023: Thailand Terlalu Tangguh, Indonesia Harus Puas Perak

Tim bulu tangkis putri Indonesia gagal mengakhiri paceklik gelar di SEA Games 2023. Komang Ayu Cahya Dewi dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Thailand 0-3 pada final di Morodok Techo Badminton Hall, Kamis (11/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis putri Indonesia gagal mengakhiri paceklik gelar di SEA Games 2023. Komang Ayu Cahya Dewi dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Thailand 0-3 pada final di Morodok Techo Badminton Hall, Kamis (11/5/2023).

Bermaterikan pemain muda, tim putri Indonesia tidak berkutik di hadapan sang juara bertahan. Jangankan merebut poin, Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, hingga Ester Nurumi Tri Wardoyo gagal merebut set.

Minimnya pengalaman pun terlihat dalam jalan pertandingan. Pemain Indonesia kerap kehilangan poin dalam jumlah banyak secara beruntun.

Kekalahan ini merupakan ulangan final tiga edisi terakhir regu putri bulu tangkis SEA Games. Dalam tiap kesempatan Merah Putih harus mengakui keunggulan Negeri Gajah.

Penantian panjang Indonesia terhadap emas dari regu putri SEA Games pun terus berlanjut. Terakhir kali Indonesia menguasai nomor ini pada 2007. 

Di sisi lain, kesuksesan kali ini membantu Thailand memantapkan dominasi dengan menjadi juara untuk kali ketujuh secara beruntun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan SEA Games 2023

Indonesia vs Thailand

Tunggal 1: Komang Ayu Cahya Dewi vs Lalinrat Chaiwan: 19-21, 17-21

Ganda 1: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai: 11-21, 15-21

Tunggal 2: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Supanida Katethong: 11-21, 12-21

Ganda 2: Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard: Tidak dimainkan

Tunggal 3: Mutiara Ayu Puspitasari vs Pitchamon Opatniputh: Tidak dimainkan

3 dari 3 halaman

Tim Putra Juga Buru Emas

Indonesia kini berharap tim putra bisa mengurangi kekecewaan. Mereka dijadwalkan menghadapi Malaysia pada partai puncak, Kamis (11/5/2023) mulai pukul 15.00 WIB.

Indonesia menyisihkan Singapura di semifinal SEA Games 2023. Sedangkan Malaysia secara dramatis menyingkirkan juara bertahan Thailand.

"Untuk beregu putra saya harap bisa bermain normal. Kalau bermain normal, saya yakin kita bisa menang dari Malaysia dan ambil medali emas," ungkap Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky.

Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan berambisi menduduki takhta yang hilang direbut Thailand, setelah sebelumnya dalam laju enam kali juara beruntun.

Indonesia juga ingin mempertegas dominasi pada nomor ini di SEA Games. Merah Putih tercatat sudah merebut 17 emas, terbanyak di antara negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini